Jurnal : Perancangan Aplikasi Segmentasi Citra Dengan Metode Fuzzy C-Means

Jurnal : Perancangan Aplikasi Segmentasi Citra Dengan Metode Fuzzy C-Means

Jurnal : Perancangan Aplikasi Segmentasi Citra Dengan Metode Fuzzy C-Means
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Fuzzy C-Means

ABSTRAK

Dalam proses analisis citra digital, segmentasi merupakan salah satu proses yang penting. Segmentasi digunakan untuk membagi citra ke dalam beberapa bagian atau region yang homogen berdasarkan kriteria kemiripan tertentu (region based segmentation). Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan segmentasi adalah clustering. Dalam penelitian ini algoritma clustering yang digunakan adalah Fuzzy C-Means. Pada proses pengujian digunakan tools Visual Studio 2008, dengan menggunakan berbagai citra masukan sebagai objek segmentasi. Proses clustering yang digunakan dalam pengujian juga bervariasi sebagai bahan analisis. Dari proses pengujian didapatkan kesimpulan bahwa FCM dapat digunakan sebagai salah satu metode segmentasi pada citra digital. Jumlah cluster berpengaruh pada kualitas segmen yang dihasilkan. Semakin banyak jumlah cluster yang digunakan akan berdampak pada hasil segmentasi yang lebih halus. Semakin sedikit jumlah cluster yang digunakan, maka hasil segmentasi akan semakin kasar

Kata Kunci : segmentasi citra, clustering, FCM


1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah

Citra atau gambar yang terlihat pada layar komputer, sebenarnya adalah kumpulan sejumlah titik-titik warna. Pada umumnya citra berwarna direpresentasikan dengan 3 elemen warna yaitu R (Red=merah), G (Green=hijau), dan B (Blue=blue) yang masing-masing memiliki nilai tertentu. Dengan percampuran 3 warna ini maka didapatkan warna tertentu. Pada citra RGB 24 bit, masing-masing elemen warna (RGB) memiliki nilai maksimal sebesar 28 yaitu berkisar antara 0 – 255.

Dari sebuah citra bisa didapatkan informasi sesuai dengan kepentingan, namun terkadang pada citra yang ada tidak bisa didapatkan secara langsung informasi yang diperlukan. Ada kalanya sulit untuk mengolah informasi dari sebuah citra secara langsung secara kasat mata dengan hanya mengandalkan indera penglihatan. Hal ini bisa dimaklumi, mengingat citra adalah kumpulan titik-titik warna yang jumlahnya banyak. Salah satu alternatif untuk membantu menampilkan dan mengolah informasi ini adalah dengan segmentasi citra.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Fuzzy C-Means , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.