Jurnal : Perancangan Aplikasi Pengenalan Wajah Menggunakan Metode Fisher Linear Discriminant (FLD)

Jurnal : Perancangan Aplikasi Pengenalan Wajah Menggunakan Metode Fisher Linear Discriminant (FLD)

Jurnal : Perancangan Aplikasi Pengenalan Wajah Menggunakan Metode Fisher Linear Discriminant (FLD)
(Jurnal Teknik Informatika)

 Metode Fisher Linear Discriminant (FLD)


ABSTRAK

Sistem identifikasi wajah berkembang dengan cepat. Perkembangan tersebut mendorong kemajuan sistem identifikasi berbasis biometrik. Pengenalan wajah adalah salah satu sistem identifikasi yang dikembangkan berdasarkan perbedaan ciri wajah seseorang berbasis biometrik yang memiliki keakuratan tinggi.

Namun untuk mengembangkan sistem identifikasi pengenalan wajah yang baik dan memiliki keakuratan tinggi merupakan sesuatu yang sulit dikareanakan wajah manusia memiliki ekspresi yang beragam dan perubahan atribut seperti kacamata, kumis, janggut dan lain-lain.

Fisher Linear Discriminant (FLD) merupakan metode class specific yang membedakan gambar wajah masukan menjadi kelas kelas wajah dan metode Fisher Linear Discriminant (FLD) ini membentuk jarak antar kelas dan intra kelas sehingga dapat menghasilkan klasifikasi yang lebih baik, algoritma PCA digunakan untuk mendapatkan matriks proyeksi optimal yang digunakan untuk mendapatkan nilai bobot citra wajah. Sistem identifikasi wajah yang dirancang memiliki keluaran dikenali atau tidak dikenalinya sebuah gambar masukan sebagai salah satu individu pada database.

Kata kunci : Pengenalan wajah, Wajah, Fisher Linear Discriminant (FLD)



1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang

Pengenalan wajah merupakan salah satu pendekatan pengenalan pola untuk keperluan identifikasi personal di samping pendekatan biometric lainnya seperti pengenalan sidik jari, tanda tangan, retina mata dan sebagainya. Pengenalan citra wajah berhubungan dengan obyek yang tidak pernah sama, karena adanya bagian-bagian yang dapat berubah. Perubahan ini dapat disebabkan oleh ekspresi wajah, sudut pengambilan gambar, atau perubahan aksesoris pada wajah. Dalam kaitan ini, obyek yang sama dengan beberapa perbedaan harus dikenali sebagai satu obyek yang sama (Marti, N.W., 2010:h.11).

Pada umumnya pengenalan wajah memiliki beberapa tahapan untuk mengidentifikasi wajah yaitu deteksi wajah, penyelarasan wajah, ekstraksi fitur dan juga pencocokan wajah. Permasalahan yang banyak dihadapi aplikasi pengenalan wajah adalah perubahan atribut, pencahayaan dan perubahan aksesoris. Banyak metode yang digunakan dalam aplikasi pengenalan wajah salah satu diantaranya adalah metode Fisher Linear Discriminant (FLD). Metode Fisher Linear Discriminant (FLD) digunakan untuk mencari nilai wajah rata-rata masing-masing kelas dan melakukan perhitungan matriks sebaran dalam kelas dan matriks sebaran antar kelas dan mencari nilai proyeksi optimal dari citra untuk mendapatkan nilai bobot citra wajah (Haijing Wang, et al., 2010:h.52).

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Fisher Linear Discriminant (FLD), sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.