Jurnal : Implementasi Metode Low Pass Filtering Untuk Mereduksi Noise Pada Objek Citra Digital

Jurnal : Implementasi Metode Low Pass Filtering Untuk Mereduksi Noise Pada Objek Citra Digital

Jurnal : Implementasi Metode Low Pass Filtering Untuk Mereduksi Noise Pada Objek Citra Digital
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Low Pass Filtering


ABSTRAK

Penggunaan citra digital pada saat ini semakin menigkat karena kelebihan – kelebihan dari citra digital itu sendiri. Akan tetapi, citra digital tersebut juga dapat mengalami gangguan seperti timbulnya noise yang disebabkan oleh proses penangkapan gambar yang tidak sempurna. Metode yang digunakan untuk mereduksi noise pada penelitian ini adalah Low Pass Filtering (LPF) dengan fungsi filter rata – rata. LPF menghasilkan citra blur (lembut/halus).

Pengujian penggunaan LPF untuk mereduksi Gaussian Noise, Speckle Noise, dan Salt an Pepper Noise dilakukan dengan membangkitakan ketiga jenis noise tersebut dengan menggunakan beberapa probabilitas noise. Probabilitas noise yang digunakan untuk membangkitakan tiga jenis noise tersebut. Low Pass Filter lebih baik untuk mereduksi Gaussian Noise daripada Speckle Noise dan Salt and Pepper Noise.Sistem ini di implementasikan menggunakan bahasa pemograman Visula Basic 6.0.

Kata Kunci:Low Pass Filtering, Noise, Objek Citra Digital.


1. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang

Pada saat ini penggunaan citra digital semakin meningkat karena kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh citra digital tersebut, di antaranya adalah kemudahan dalam mendapatkan gambar, memperbanyak gambar, pengolahan gambar dan lain-lain. Akan tetapi tidak semua citra digital memiliki tampilan visual yang memuaskan mata manusia. Ketidakpuasan tersebut dapat timbul karena adanya gangguan atau noise, seperti muncul bintik-bintik yang disebabkan oleh proses penangkapan gambar yang tidak sempurna, pencahayaan yang tidak merata mengakibatkan intensitas tidak seragam, kontras citra terlalu rendah sehingga objek sulit dipisahkan dari latar belakangnya, atau gangguan yang disebabkan oleh kotoran-kotoran yang menempel pada citra sehingga diperlukan metode untuk dapat memperbaiki kualitas citra digital tersebut.

Beberapa jenis noise yang umum dijumpai adalah Gaussian Noise, Speckle Noise, dan Salt and Pepper noise. Gaussian noise merupakan model noise yang mengikuti distribusi normal standar dengan rata-rata 0 dan standar deviasi 1. Efek dari Gaussian Noise ini pada gambar adalah munculnya titik-titik berwarna yang jumlahnya sama dengan persentase noise. Speckle Noise merupakan model noise yang memberikan warna hitam pada titik yang terkena noise. Salt and Pepper Noise adalah bentuk noise yang biasanya terlihat titik-titik hitam dan putih pada citra seperti tebaran garam dan merica.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Low Pass Filtering , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.