Jurnal : Perancangan Aplikasi Deteksi Citra Digital Dengan Algoritma Smallest Univalue Segment Assimilating Nucleus

Jurnal : Perancangan Aplikasi Deteksi Citra Digital Dengan Algoritma Smallest Univalue Segment Assimilating Nucleus

Jurnal : Perancangan Aplikasi Deteksi Citra Digital Dengan Algoritma Smallest Univalue Segment Assimilating Nucleus

(Jurnal Teknik Informatika)





 Dengan Algoritma Smallest Univalue Segment Assimilating Nucleus


ABSTRAK

Deteksi tepi adalah hal yang umum dalam proses pengolahan citra digital karena merupakan salah satu langkah awal dalam melakukan segmentasi citra, yang bertujuan untuk mempresentasikan objek-objek yang terkandung dalam citra tersebut.

Deteksi tepi berfungsi untuk mengidentifikasikan garis batas dari suatu objek terhadap latar belakang yang saling tumpang tindih. Dalam penelitian ini digunakan algoritma SUSAN.

Pada saat mendeteksi tepi pada citra yang mengandung noise algoritma SUSAN mampu melakukan pendeteksian tepi. Secara objektif dapat dilihat nilai PSNR (Peak Signals Noise Ratio) yang dimiliki.

Kata Kunci : Deteksi Tepi, Susan, Citra Digital.


1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah

` Mata merupakan salah satu panca indra yang digunakan manusia untuk melihat. Namun mata manusia memiliki keterbatasan dalam menangkap sinyal elektromagnetik. Oleh karena itu, diciptakanlah komputer atau mesin pencitraan yang dapat menangkap hampir keseluruhan sinyal elektromagnetik. Mesin pencitraan dapat bekerja dengan citra dari sumber yang tidak sesuai, tidak cocok, atau tidak dapat ditangkap dengan penglihatan manusia. Hal inilah yang menyebabkan pengolahan citra digital memiliki kegunaan yang sangat luas.

Salah satu teknik pengolahan citra yang digunakan adalah deteksi tepi (edge detection). Deteksi tepi adalah hal yang umum dalam proses pengolahan citra digital karena merupakan salah satu langkah awal dalam melakukan segmentasi citra, yang bertujuan untuk mempresentasikan objek-objek yang terkandung dalam citra tersebut. Deteksi tepi berfungsi untuk mengidentifikasikan garis batas dari suatu objek terhadap latar belakang yang saling tumpang tindih. Sehingga apabila garis tepi pada citra dapat diidentifikasikan dengan akurat, semua objek dapat ditemukan dan sifat dasar seperti area, bentuk, dan ukuran objek dapat diukur. Tepian citra adalah posisi dimana intensitas pixel dari citra berubah dari nilai rendah ke nilai tinggi atau sebaliknya. Saat ini telah ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk pendeteksian tepi, contohnya adalah metode sobel, canny, prewitt, Smallest Univalue Segment Assimilating Nucleus dan SUSAN.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Algoritma Smallest Univalue Segment Assimilating Nucleus , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.