Jurnal : Implementasi Metode Gaussian Smoothing Untuk Penghalusan Citra (IMAGE SMOOTHING)

Jurnal : Implementasi Metode Gaussian Smoothing Untuk Penghalusan Citra (IMAGE SMOOTHING)

Jurnal : Implementasi Metode Gaussian Smoothing Untuk Penghalusan Citra (IMAGE SMOOTHING)
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Gaussian Smoothing


ABSTRAK

Citra (image), istilah lain untuk gambar, sebagai salah satu komponen multimedia memegang peranan yang sangat penting sebagai bentuk informasi visual. Citra mempunyai karakteristik yang tidak dimiliki oleh data teks, yaitu bahwa citra kaya dengan informasi. Atau dengan kata lain, sebuah citra dapat memberikan informasi yang lebih banyak daripada jika informasi tersebut disajikan dalam bentuk teks. Peningkatan kualitas citra (image enhancement) bertujuan untuk menghasilkan citra dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan citra sebelumnya. Jenis operasi ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra dengan cara memanipulasi parameter-parameter citra. Salah satu operasi peningkatan kualitas citra adalah penghalusan citra (image smoothing).

Kata Kunci : Gaussian Smoothing, Penghalusan Citra (Image Smoothing)


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Data atau informasi tidak hanya disajikan dalam bentuk teks, tetapi juga dapat berupa gambar, audio (bunyi, suara, musik), dan video. Keempat macam data atau informasi ini sering disebut multimedia. Era teknologi informasi saat ini tidak dapat dipisahkan dari multimedia.Citra (image), istilah lain untuk gambar, sebagai salah satu komponen multimedia memegang peranan yang sangat penting sebagai bentuk informasi visual. Citra mempunyai karakteristik yang tidak dimiliki oleh data teks, yaitu bahwa citra kaya dengan informasi. Atau dengan kata lain, sebuah citra dapat memberikan informasi yang lebih banyak daripada jika informasi tersebut disajikan dalam bentuk teks. Gangguan pada citra umumnya berupa variasi intensitas suatu pixel yang tidak berkorelasi dengan pixel-pixel tetangganya. Secara visual, gangguan mudah dilihat oleh mata karena tampak berbeda dengan pixel tetangganya.Operasi-operasi yang digunakan dalam pengolahan citra (image processing) banyak macamnya.

Namun secara umum, operasi pengolahan citra dapat diklasifikasikan dalam beberapa jenis, salah satunya adalah peningkatan kualitas citra (image enhancement). Peningkatan kualitas citra (image enhancement) bertujuan untuk menghasilkan citra dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan citra sebelumnya. Jenis operasi ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra dengan cara memanipulasi parameter-parameter citra. Salah satu operasi peningkatan kualitas citra adalah penghalusan citra (image smoothing). Ada beberapa metode penghalusan citra, yaitu  Gaussian Smoothing, dan Threshold Smoothing.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Gaussian Smoothing , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.