Jurnal : Perancangan Aplikasi Segmentasi Citra Digital Menggunakan Metode Quad-Tree Partitoning Approach

Jurnal : Perancangan Aplikasi Segmentasi Citra Digital Menggunakan Metode Quad-Tree Partitoning Approach

Jurnal : Perancangan Aplikasi Segmentasi Citra Digital Menggunakan Metode Quad-Tree Partitoning Approach


ABSTRAK 

Citra merupakan representasi atau gambaran dari suatu objek. Pada citra digital tampilan citra terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan, dikarenakan adanya gangguan atau noise. Hal itu mungkin dikarenakan adanya pengolahan citra yang menyebabkan tereduksinya citra aslinya, khususnya dalam ketajaman tampilan dari suatu citra. merupakan reduksi dari pengolahan citra yang dapat terjadi.Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pengolahan citra digital dalam menajamkan tampilan citra tersebut. Skripsi ini dibuat guna mengatasi efek kabur dari citra tersebut. Dengan menggunakan metode Quadtree Partitonig Approach, citra kabur tersebut akan disharpening menggunakan matriks berukuran 3 x 3 yang akan Quadtree Partitonig Approach pada setiap piksel yang terkandung didalam citra tersebut. Dengan adanya program ini maka mempermudah seseorang dalam mengolah gambar yang kabur menjadi lebih tajam, program ini nantinya akan memiliki tampilan yang mudah di pahami oleh pengguna. Sehingga bertujuan untuk membandingkan beberapa Quadtree Partitonig Approach yang digunakan untuk mempertajaml memperjelas citra yang semuIa buram dan mengimplementasikan metode Quadtree Partitonig Approach dalam operasi penajaman citra. 

Kata Kunci : Citra Warna Quadtree Partitonig Approach . 


Pendahuluan 

Perkembangan teknologi yang pesat di bidang komputer telah mendorong semakin berkembangnya penelitian dan penerapan teknik pengolahan citra. Beberapa pertumbuhan kemajuan teknologi baru membuka peluang bagi pengembangan lebih lanjut dalam bidang ini. Saat ini pengolahan citra mempunyai peranan yang sangat penting dalam berbagai bidang kehidupan. Banyak teknik yang digunakan dalam pengolahan citra, salah satunya adalah teknik segmentasi. Segmentasi merupakan proses paling penting dalam pengolahan citra digital. Segmentasi adalah proses pemisahan objek dengan latar belakangnya. Saat ini telah banyak dilakukan penelitian tentang segmentasi. Mengingat pentingnya proses segmentasi tersebut sebagai pemroses awal, maka dibutuhkan metode segmentasi yang dapat melakukan pemisahan objek dengan akurat. Ketidakakuratan proses segmentasi dapat menyebabkan ketidakakuratan pada hasil proses selanjutnya.Segmentasi citra digital dengan kualitas yang rendah memerlukan langkah-langkah perbaikan agar kualitasnya menjadi lebih baik. Untuk meningkatkan kualitas citra dapat dilakukan dengan proses perbaikan citra (image enhancement) sehingga tampilan citra menjadi lebih baik lagi sesuai yang diinginkan. Salah satu metode Segmentasi citra dapat dilakukan dengan metode Quad-Tree Partitioning. 

Peneliti : Dedi Irawan Manurung

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Perancangan Aplikasi Segmentasi Citra Digital Menggunakan Metode Quad-Tree Partitoning Approach


Keywords : Jurnal Metode Quad-Tree Partitoning Approach, sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.