Jurnal : Penerapan Algoritma Backtracking Pada Permainan Math Maze

Jurnal : Penerapan Algoritma Backtracking Pada Permainan Math Maze

Jurnal : Penerapan Algoritma Backtracking Pada Permainan Math Maze
(Jurnal Teknik Informatika)


Algoritma Backtracking


ABSTRAK

Permainan Math Maze merupakan game sederhana yang bertujuan menentukan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Permainan ini hampir sama dengan permainan labirin (Maze) biasa. Perbedaannya adalah pada Math Maze kita harus menemukan jalur pada labirin dengan menggunakan angka-angka pada bagian sisi kiri dan sisi atas sebagai indikasi berapa banyak kotak yang dilewati untuk tiap baris atau tiap kolom dan tidak menggunakan tembok penghalang seperti pada labirin biasa. Pada penelitian ini akan dilakukan proses untuk membuat Papan Permainan Math Maze yang bisa dimainkan oleh pemakai dengan menerapkan algoritma Backtracking. Proses Pembuatan papan permainan Math maze itu terdiri dari beberapa langkah yaitu proses Pembangkitan sebuah maze, pencarian solusi dari maze yang sudah di bangkitkan, dan membuat papan permainan Math Maze baru dengan Memanfaatkan maze yang sudah di ketahui solusinya. Papan Permainan Math Maze dengan menerapkan algoritma backtracking dapat menghasilkan 1 solusi untuk setiap problem yang dibangkitkan dan maze yang dihasilkan dengan algoritma backtracking akan menghasilkan maze yang tidak memiliki loop dan ruang terbuang.

Kata Kunci: Permainan Math Maze, Algorima Backtracking



1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang

Game komputer merupakan salah satu aplikasi software yang saat ini banyak dikembangkan. Dengan jenis yang bermacam-macam dan tampilan yang menarik, game komputer termasuk software yang diminati oleh berbagai kalangan. Selain karena tampilan dan aplikasinya relatif menarik, game komputer juga disinyalir dapat menjadi salah satu sarana refreshing yang cukup menyenangkan terutama bagi orang yang telah terbiasa menggunakan komputer

Permainan Math Maze merupakan game sederhana yang bertujuan menentukan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Permainan ini hampir sama dengan permainan labirin (maze) biasa. Perbedaannya adalah pada Math Maze kita harus menemukan jalur pada labirin dengan menggunakan angka-angka pada bagian sisi kiri dan sisi atas sebagai indikasi berapa banyak kotak yang dilewati untuk tiap baris atau tiap kolom dan tidak menggunakan tembok penghalang seperti pada labirin biasa.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :


DOWNLOAD JURNAL


Kata Kunci : Jurnal Game , Algoritma Backtracking, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.