Jurnal : Aplikasi Bimbingan Belajar Jarak Jauh ( Distance Learning) Pelajaran Matematika Berbasis Web Dengan Menerapkan Metode Web Based Learning (WBL)

Jurnal : Aplikasi Bimbingan Belajar Jarak Jauh ( Distance Learning) Pelajaran Matematika Berbasis Web Dengan Menerapkan Metode Web Based Learning (WBL)

Jurnal : Aplikasi Bimbingan Belajar Jarak Jauh ( Distance Learning) Pelajaran Matematika Berbasis Web Dengan Menerapkan Metode Web Based Learning (WBL)
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Web Based Learning (WBL)

ABSTRAK

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya perkembangan teknologi komputer dengan internetnya, yang sangat pesat dewasa ini, berpengaruh terhadap berkembangnya konsep pembelajaran jarak jauh. Internet menjadi media yang sangat tepat dalam pembelajaran jarak jauh karena mampu menembus batas waktu dan tempat atau dapat di akses kapan saja, di mana saja, dan memberikan kemudahan.Distance learning atau pembelajaran jarak jauh adalah bidang pendidikan yang berfokus pada teknologi dan desain sistem instruksional yang bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada para siswa yang tidak secara fisik dikelas atau kampus ini telah digambarkan sebagai suatu proses untuk membuat dan menyediakan akses untuk belajar ketika sumber informasi dan peserta didik dipisahkan oleh waktu dan jarak keduanya Dengan kata lain, pembelajaran jarak jauh adalah proses menciptakan pendidikan pengalaman kualitas yang sama bagi pelajar terbaik sesuai dengan kebutuhan mereka diluar kelas.Perancangan web dalam skala besar membutuhkan strategi yang tepat agar perancangan web berjalan dengan baik, tepat waktu, dan sesuai dengan sasaran yang ditargetkan. Web skala besar merupakan sebuah web dengan banyak fungsi yang diakses banyak orang. Semakin besar suatu web maka akan semakin kompleks pemeliharaan dan pengembangan lebih lanjut.

Kata Kunci : E-learning, Perancangan, WBL


1. Pendauluan
1.1. Latar Belakang

E-learning adalah pembelajaran jarak jauh (Distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan internet. E-learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran atau perkuliahan dikelas. E-learning sering pula di pahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari internet dijaringan lokal atau internet. E-learning memungkinkan pembelajar untuk menimbah ilmu tanpa harus secara fisik menghadiri kelas.

Matematika adalah salah satu pelajaran yang di UN kan disekolah menengah atas. Jam pelajaran yang di berikan pihak sekolah pada pelajaran ini adalah 4(empat) les yang waktunya cuma 45 menit perkelas. Dengan waktu yang sangat singkat ini banyak siswa yang kurang paham tentang pelajaran ini. Di karenakan matematika adalah salah satu pelajaran yang paling susah di mengerti. Kurangnya waktu belajar diruang kelas membuat para siswa kurang memahami pelajaran yang diberikan. Apalagi ditambah lagi dengan ketidak hadiran guru dikarenakan suatu halangan tertentu.Untuk itu perlu adanya waktu tambahan di luar jam sekolah agar siswa dapat lebih mengerti tentang pelajaran matematika Dengan memanfaatkan jaringan internet.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :


DOWNLOAD JURNAL



Kata Kunci : Jurnal Aplikasi Website,  Metode Web Based Learning (WBL) , Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.