Jurnal : Implementasi Data Mining Penjualan Tiket Pesawat Dengan Algoritma Apriori

Jurnal : Implementasi Data Mining Penjualan Tiket Pesawat Dengan Algoritma Apriori

Jurnal : Implementasi Data Mining Penjualan Tiket Pesawat Dengan Algoritma Apriori

ABSTRAK 

Semakin banyaknya jumlah travel yang berkembang saat ini membuat para pengelola ingin menunjukkan strategi pemasaran yang lebih baik. Banyak cara dimana travel untuk meningkatkan penjualan, dan juga banyak strategi yang digunakan. Satuhaltentangstrategi yang digunakan oleh manajemen adalah aplikasi perangkat lunak dengan system informasi. Sebuah era yang terus berkembang teknologi informasi setiap kali maka perlu adanya inovasi baru. Agar tidak terkesan monoton dalam proses menjua ltiket pesawat dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mereka yang menggunakan, karena dapa tmeningkatkan penjualan dengan memberikan rekomendasi kepada pembeli. Untuk itu dalam penulisan ini dikembangkan aplikasi analisis association untuk mengekstraksi dan menginterpretasi pola kecenderungan penjualan tiket pesawat yang sering dijual secara bersamaan dari data transaksi menggunakan algoritma apriori. Algoritma apriori ini akan membentuk frequent itemset sebanyak yang telah ditentukan sebelumnya berdasarkan dua parameter, support dan confidence, untuk menemukan aturan asosiasi antara suatu kombinasi item. Proses yang dilakukan diawali dengan persiapan data melalui preprocessing data kemudian ditransformasi kedalam bentuk yang dapat diolah pada proses selanjutnya yaitu join dan purne hingga pembentukan association rules. 

Kata kunci: Data Mining, Penjualan Tiket Pesawat, Algoritma apriori, Association Rules. 


Pendahuluan 

Semakin banyak jumlah travel yang berkembang saat ini membuat para pengelola ingin menunjukan strategi pemasaran yang lebih baik. Untuk itu maka para pengelola harus mencermati pola pola pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Seperti pola penjualan tiket pesawat sehari-hari di PT. Jumbo Travel yang penulis amati ketika sedang memesan tiket pesawat disana. Penulis menemukan banyak kekurangan yang terjadi pada PT. Jumbo Travel tersebut diantaranya permasalahan yang sering timbul antara lain, sering sekali pemesanan tiket pesawat yang diinginkan konsumen tidak ada atau habis karena mereka tidak mengamati transaksi yang ada. Hal ini tentu sangat mengecewakan konsumen yang hendak memesan tiket pesawat, karena persediaan tiket pesawat di PT. Jumbo Travel tidak terkontrol baik. Dengan adanya kegiatan penjualan setiap hari, data semakin lama akan semakin bertambah banyak. Data tersebut tidak hanya berfungsi sebagai arsip bagi perusahaan, data tersebut dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi informasi yang berguna untuk peningkatan penjualan tiket pesawat dan promosi. Hal ini disebabkan oleh karena PT. Jumbo Travel tidak memanfaatkan data transaksi penjualan yang ada dan biasanya data transaksi penjualan tersebut hanya sebagai arsip. Sehingga terjadi penumpukan data yang tidak diketahui apa manfaatnya. 

Peneliti : Sri Rahayu Siregar

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Implementasi Data Mining Penjualan Tiket Pesawat Dengan Algoritma Apriori


Keyword : Jurnal Implementasi Algoritma Apriori , Data Mining, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.