Jurnal : Implementasi Data Mining Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means

Jurnal : Implementasi Data Mining Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means

Jurnal : Implementasi Data Mining Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means

ABSTRAK 

CV Cahaya Sejati adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan kosmetik. Salah satu hal yang penting dalam pengelolaan pelanggan adalah bagaimana suatu perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang dimilikinya. Usaha untuk mempertahankan pelanggan ini menjadi hal yang penting bagi CV Cahaya Sejati mengingat semakin banyaknya usaha retail yang menjual produk yang sama. Untuk mencegah terjadinya perpindahan pelanggan ini, maka perlu diketahui kelompok pelanggan yang potensial, sehingga perusahaan bisa melindungi pelanggan potensial tersebut dengan cara memberikan pelayanan prima dan pemberian hadiah Penerapan data mining dapat membantu untuk menganalisa data yang diperoleh dari transaksi. Pengelompokan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode clustering. Dalam mengelompokan data tersebut digunakan tools Tanagra untuk mendapatkan data pelanggan potensial. Algoritma yang digunakan adalah algoritma K-Means, informasi yang ditampilakan berupa nilai sentroid dari tiap-tiap cluster dan kelompok-kelompok pelanggan potensial. 

Kata Kunci: data mining, metode clustering, Algoritma K-Means, data transaksi pelanggan.


Pendahuluan 

Ditengah persaingan bisnis yang sangat ketat dewasa ini, perusahaan-perusahaan retail mulai mengalihkan perhatian mereka dari sekedar mengembangkan produk dan layanan yang unggul ke arah penciptaan pengalaman personal pelanggan. Hal ini dilakukan dengan suatu kesadaran yang utuh bahwa hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sangat penting untuk menunjang perkembangan dan kelangsungan perusahaan. Pihak manajemen perusahaan retail harus mampu untuk mengenali pelanggan potensialnya dan mempercayainya dengan meningkatkan pemahaman perusahaan akan kebutuhan mereka sebagai individu sehingga dapat mempertahankan loyalitasnya terhadap perusahaan. Salah satu hal yang penting dalam pengelolaan pelanggan adalah bagaimana suatu perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang dimilikinya. Usaha untuk mempertahankan pelanggan ini menjadi hal yang penting bagi CV Cahaya Sejati mengingat semakin banyaknya usaha retail yang menjual produk yang sama. Untuk mencegah terjadinya perpindahan pelanggan ini, maka perlu diketahui kelompok pelanggan yang potensial, sehingga perusahaan bisa melindungi pelanggan potensial tersebut dengan cara memberikan pelayanan prima dan memberikan hadiah. Hadiah yang diberikan perusahaan kepada pelanggan berupa cindara mata dan dilakukan secara kontiniu di setiap tahunnya. 

Peneliti : Afrisawati

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Implementasi Data Mining Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means


Kata Kunci : Jurnal Implementasi Algoritma K-Means , Data Mining, DM, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.