gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Implementasi Data Mining Untuk Pengenalan Karakteristik Transaksi Customer Dengan Menggunakan Algoritma C4.5

Post a Comment
Jurnal : Implementasi Data Mining Untuk Pengenalan Karakteristik Transaksi Customer Dengan Menggunakan Algoritma C4.5

ABSTRAK 

Pengenalan karakteristik transaksi customer dengan menggunakan data - data yang telah ada di masa lalu untuk memprediksi kebutuhan para customer dimasa yang akan datang sangat diperlukan oleh perusahaan.Agar menjadi acuan untuk perusahaan meningkatkan hasil produknya. Data mining dapat digunakan untukmelakukan analisis data dan menemukan pola-pola penting pada data. Data mining tersebut akan menjadi tolak ukur ataupun acuan untuk mengambil keputusan. Pengolahan data mining dapat dilakukan dengan Algoritma C4.5. Algoritma C4.5 merupakan algoritma yang digunakan untuk membentuk pohon keputusan. Adapun perangkat lunak yang menerapkan Algoritma C4.5 ini adalah Tanagra 1.4. 

Kata kunci : Data Mining, Karakteristik Transaksi, Algoritma C4.5, Tanagra 1.4 


Pendahuluan 

Sulitnya memprediksi kebutuhan pasar, merupakan kendala yang dihadapi perusahaan distribusi sehingga manajemen harus dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepat guna memberikan pelayanan yang baik serta kepuasan kepada customer maupun menjaga konsistensi produk perusahaan di pasar. Keputusan yang diambil harus mempertimbangkan dengan baik berdasarkan data-data yang dimiliki, terutama yang berkaitan erat dengan transaksi customer.Pengenalan karakteristik transaksi customer dengan menggunakan data - data yang telah ada di masa lalu untuk memprediksi kebutuhan para customer dimasa yang akan datang sangat diperlukan oleh perusahaan. Agar menjadi acuan untuk perusahaan meningkatkan hasil produknya, dan untuk bagian marketing bisa meningkatkan penjualan melalui promosi penawaran dengan memberikan hal - hal yang baru pada produk dan layanan terhadap customer. Karena customer sebagian besar memiliki sifat mencari hal - hal baru daripada bertahan pada produk yang sudah mereka gunakan. Dalam menganalisa hal tersebut di atas, salah satu solusi yang dapat digunakan adalah data mining mengenai kriteria - kriteria tertentu di dalam pengenalan karakteristik transaksi customer. Dengan semakin besarnya jumlah data dan kebutuhan akan analisis data yang akurat maka dibutuhkan metode analisis data yang tepat. Pengolahan data mining dapat dilakukan dengan beberapa teknik diantaranya adalah Metode Rough Set, Fuzzy, Algoritma Apriori, Algoritma C4.5 dan lain - lain. 

Peneliti : Sarah Faradillah

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Implementasi Data Mining Untuk Pengenalan Karakteristik Transaksi Customer Dengan Menggunakan Algoritma C4.5


Keyword : Jurnal Implementasi Algoritma C 4.5 , Data Mining, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment