Jurnal : Aplikasi Pengamanan Hak Cipta Untuk Data Gambar Digital Menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD)

Jurnal : Aplikasi Pengamanan Hak Cipta Untuk Data Gambar Digital Menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD)

Aplikasi Pengamanan Hak Cipta Untuk Data Gambar Digital Menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD)
(Jurnal Teknik Informatika)



Aplikasi Pengamanan Hak Cipta Untuk Data Gambar Digital Menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD)

ABSTRAK

Kemudahan dalam pengaksessan data citra digital memberikan kesempatan kepada pihak – pihak yang tidak berhak untuk membuat salinan tanpa izin dari pemilik sah citra tersebut, bahkan menyebar luaskannya
untuk kepentingan komersial. Hal ini dapat menimbulkan persoalan hak cipta terhadap data citra digital tersebut. Salah satu metode yang dikembangkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah digital watermarking. Watermarking merupakan suatu bentuk dari Steganography yaitu teknik untuk menyembunyikan suatu informasi pada suatu media tanpa perubahan yang berarti pada media tersebut. Watermarking pada citra dilakukan sedemikian rupa sehingga informasi yang disisipkan tidak merusak citra yang dilindungi.

Menurut ranah cara kerjanya, watermarking dapat dikelompokkan ke dalam ranah spasial dan ranah frekuensi. Teknik yang dilakukan pada ranah spasial adalah menyisipkan data langsung dengan memodifikasi
nilai piksel citra, sedangkan pada ranah frekuensi dengan memodifikasi nilai koefisien transformasinya. Pada
skripsi ini watermarking disajikan dengan menggunakan metode Singular Value Decomposition (SVD) yaitu
metode yang menggunakan matriks sebagai alat bantu analisis numerik dengan penerapannya pada ranah
spasial.

Kata Kunci : Watermarking, Steganography, Citra Digital, Singular Value Decomposition (SVD).



1. Pendahuluan
1.2. Latar Belakang Masalah
UU No. 19 Tahun 2002 tentang hak cipta menyatakan bahwa hak cipta adalah hak khusus bagi pencipta maupun penerima hak dari sebuah karya intelektual baik dibidang ilmu pengetahuan, seni dan sastra untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya serta memberi izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hak cipta juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi adanya penggandaan secara tidak sah atas suatu karya ciptaan.

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini telah memberi kemudahan bagi masyarakat luas untuk melakukan akses, manipulasi, serta distribusi informasi berupa data digital. Kemudahan tersebut kemudian digunakan secara negatif tanpa memperhatikan aspek hak cipta intelektual pemilik data. Kemajuan teknologi memberikan banyak pilihan bagi Masyarakat dalam memakai inovasi-inovasi teknologi tersebut untuk kehidupan sehari-hari. Namun ternyata kebebasan tersebut banyak disalah gunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab dengan seenaknya, hal ini dibuktikan dengan banyaknya masalah pembajakan hak cipta yang dilakukan pihak-pihak tertentu.


 Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Singular Value Decomposition , Steganografi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.