Jurnal : Perancangan Perangkat Lunak Pengenkripsian Citra Dengan Metode Hill Cipher

Jurnal : Perancangan Perangkat Lunak Pengenkripsian Citra Dengan Metode Hill Cipher

Perancangan Perangkat Lunak Pengenkripsian Citra Dengan Metode Hill Cipher
(Jurnal Teknik Informatika)



Perancangan Perangkat Lunak Pengenkripsian Citra Dengan Metode Hill Cipher

ABSTRAK

File citra sebagai salah satu bentuk data digital saat ini banyak dipakai untuk menyimpan photo, gambar, ataupun hasil karya dalam format digital. Bila file-file tersebut tidak diamankan sewaktu dikirimkan ke jaringanterbuka seperti Internet, dikuatirkan file tersebut dapat jatuh ke pihak yang tidak diinginkan. Salah satu caranya adalah menyandikan citra tersebut sehingga bentuk citra menjadi teracak. Dan bila jatuh ke tangan yang tidak diinginkan, citra tersebut juga tidak bias digunakan. Salah satu metode penyandian untuk tujuan diatas adalah menggunakan teknik penyandian dengan Hill Cipher. Hill Cipher sebenarnya merupakan salah satu teknik penyandian teks, tetapi dengan melakukan perubahan perhitungan pada nilai RGB (Red Green Blue) citra maka Hill Cipher juga dapat dipakai untuk menyandikan citra.

Hill Cipher menggunakan matriks persegi sebagai kunci dalam proses penyandiannya. Dengan pemilihan matriks kunci yang baik, Hill Cipher dapat dipakai untuk penyandian karena hanya melibatkan operasi matriks biasa sehingga prosesnya relative cepat. Hasil dari tulisan ini adalah perancangan dan pembuatan suatu perangkat lunak yang dapat melakukan penyandian citra dengan Hill Cipher. Matriks kunci yang dapat dipakai mencakup matriks persegi dengan ordo 2 x 2, 3 x 3. File citra hasil penyandian ini dapat dicetak dan disimpan kembali dalam format bitmap. Pada tulisan ini juga dilakukan pengujian pada file citra jenis photo dan jenis kartun agar diketahui jenis citra apa yang mampu disandikan dengan Hill Cipher.

Kata kunci : Citra, Metode Hill Cipher.


1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
File citra sebagai salah satu bentuk data digital saat ini banyak dipakai untuk menyimpan photo,gambar, ataupun hasil karya dalam format digital. Bila file-file tersebut tidak diamankan sewaktu dikirimkan ke jaringan terbuka seperti Internet, dikuatirkan file tersebut dapat jatuh kepihak yang tidak diinginkan, yang kemudian disalahgunakan untuk hal-hal bersifat negative. Perkembangan teknologi yang semakin canggih serta terbuka jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain memungkinkan pertukaran data tidak mengenal waktu dan tempat lagi. Sisi buruk dari ini adalah data yang penting dapat dengan mudah jatuh ketangan orang yang tidak berhak ( pihak Ketiga) maka dalam proses pengiriman file tersebut perlu ada penyandian file agar proses pengiriman file sampai ke tangan yang dituju atau yang dimaksud.


 Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengdownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Hill Cipher , Steganografi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.