Jurnal : Algoritma Hill Chiper Untuk Enkripsi Data Teks Yang Digunakan Untuk Steganografi Gambar Dengan Metode LSB (LEAST SIGNIFICANT BIT)

Jurnal : Algoritma Hill Chiper Untuk Enkripsi Data Teks Yang Digunakan Untuk Steganografi Gambar Dengan Metode LSB (LEAST SIGNIFICANT BIT)

Jurnal : Algoritma Hill Chiper Untuk Enkripsi Data Teks Yang Digunakan Untuk Steganografi Gambar Dengan Metode LSB (LEAST SIGNIFICANT BIT)
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode LSB (LEAST SIGNIFICANT BIT)

ABSTRAK

Perkembangan teknologi informasi saat ini, semakin memudahkan para pelaku kejahatan komputer (cyber crime), atau yang sering disebut dengan istilah cracker, script kiddies, carder, lamer ataupun istilah nama yang lain, dengan menyalahgunakan teknologi komputer tersebut untuk mendukung kegiatannya, dimana aktivitas mereka sangat mengganggu privasi seseorang. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem atau aplikasi yang aman sehingga dapat mempersulit para pelaku kejahatan komputer untuk melakukan aktivitasnya, dan membantu para pengguna teknologi dalam hal pengamanan data yang diakses tersebut. Untuk mempersulit para pelaku kejahatan komputer maka penulis menggabungkan metode enkripsi algoritma Hill Cipher dengan metode steganografi LSB (Least Significant Bit), yang diharapkan mampu menambah keamanan sebuah data.Steganografi dengan menggunakan metode LSB (Least Significant Bit) adalah teknik yang paling sederhana. Oleh karena itu steganografi dengan metode ini sangat sesuai bagi para pemula dibidang steganografi. Metode LSB (Least Significant Bit) melakukan penyimpanan data dengan cara mengganti bit – bit yang tidak signifikan (least significant pixel) pada berkas (file) wadah (cover) dengan bit-bit berkas yang akan disimpan. Untuk meningkatkan keamanan data yang akan disimpan, data yang disimpan juga dienkripsi terlebih dahulu, yaitu diacak dengan metode Hill Cipher.

Kata Kunci : Steganografi, Enkripsi, Hill Chiper, Least Significant Bit.



1. PENDAHULUAN
1.1. latar Belakang Masalah

Perkembangan kemajuan teknologi informasi saat ini, semakin memudahkan para pelaku kejahatan komputer (cyber crime), atau yang sering disebut dengan istilah cracker, script kiddies, carder, lamer ataupun istilah nama yang lain, dengan menyalahgunakan teknologi komputer tersebut untuk mendukung kegiatannya, dimana aktivitas mereka sangat mengganggu privasi seseorang. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem atau aplikasi yang aman sehingga dapat mempersulit para pelaku kejahatan komputer untuk melakukan aktivitasnya, dan membantu para pengguna teknologi dalam hal pengamanan data yang diakses tersebut.

Untuk mempersulit para pelaku kejahatan komputer maka penulis menggabungkan metode enkripsi algoritma Hill Cipher dengan metode steganografi LSB (Least Significant Bit), yang diharapkan mampu menambah keamanan sebuah data. Enkripsi merupakan sebagian dari kriptografi, dan merupakan hal yang sangat penting agar keamanan data yang dikirimkan bisa terjaga kerahasiaannya. Enkripsi bisa diartikan dengan chiper atau kode, dimana pesan asli (plaintext) diubah menjadi kode-kode tersendiri sesuai metode yang disepakati oleh kedua belah pihak, baik pihak pengirim pesan maupun penerima pesan (Pramono.A dan Sujjada.A).



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode LSB (LEAST SIGNIFICANT BIT) , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.