Jurnal : Perancangan Aplikasi Penyandian Data Text Menggunakan Metode Symmetric Stream Cipher

Jurnal : Perancangan Aplikasi Penyandian Data Text Menggunakan Metode Symmetric Stream Cipher

Jurnal : Perancangan Aplikasi Penyandian Data Text Menggunakan Metode Symmetric Stream Cipher
(Jurnal Teknik Informatika)

Metode Symmetric Stream Cipher


ABSTRAK

Kesulitan pembelajaran kriptografi adalah bagaimana menjelaskan tahapan tahapan proses yang terjadi pada pembentukan kunci, enkripsi dan dekripsi. Tahapan tahapan yang dimiliki oleh setiap metoda kriptografi berbeda-beda dan memiliki tingkat kesulitannya berbeda-beda pula. Dengan kesulitan yang ada maka diperlukan suatu perangkat lunak pembelajaran yang menunjang kemudahan dalam memahami metoda-metoda kriptografi, dalam hal ini khususnya metoda Symmetric Stream Cipher. Metoda Symmetric Stream Cipher merupakan algoritma stream cipher yang memiliki 4 proses utama yaitu proses pembentukan kunci, proses pembentukan dummy, enkripsi dan dekripsi. Proses enkripsi dan dekripsi metoda ini memiliki 3 tahapan utama yaitu kompresi data Huffman, kriptografi dengan Triple Transposition Key dan pengkodean basis 64. Perangkat lunak pembelajaran kriptografi metoda Symmetric Stream Cipher mampu menampilkan tahapan penyelesaian untuk proses pembentukan kunci, pembentukan dummy, enkripsi dan dekripsi secara langkah demi langkah. Perangkat lunak pembelajaran ini juga menampilkan teori dan algoritma dari metoda Symmetric Stream Cipher. Perangkat lunak pembelajaran kriptografi metoda Symmetric Stream Cipher dirancang sedemikian rupa untuk membantu pemahaman terhadap cara kerja algoritma dari metoda Symmetric Stream Cipher.

Kata Kunci : Perancangan,Aplikasi,Penyandian,Symmetric Stream Cipher



1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Keamanan data merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kerahasiaan informasi terutama yang berisi informasi sensitif yang hanya boleh diketahui isinya oleh pihak yang berhak saja, apalagi jika pengirimannya dilakukan melalui jaringan publik, apabila data tersebut tidak diamankan terlebih dahulu, akan sangat mudah disadap dan diketahui isi informasinya oleh pihak-pihak yang tidak berhak. Salah satu cara yang digunakan untuk pengamanan data adalah menggunakan sistem kriptografi yaitu denganmenyandikan isi informasi (plaintext) tersebut menjadi isi yang tidak dipahami melalui proses enkripsi dan untuk memperoleh kembali informasi yang asli, dilakukan proses dekripsi, disertai dengan menggunakan kunci yang benar. Namun, sejalan dengan perkembangan ilmu penyandian atau kriptografi, usaha-usaha untuk memperoleh kunci tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk pihak yang tidak sah untuk memiliki informasi tersebut. Oleh karena itu, penelitian tentang kriptografi akan selalu berkembang untuk memperoleh algoritma kriptografi yang makin kuat, sehingga usaha-usaha untuk memecah kode kriptografi secara tidak sah menjadi lebih sulit.



Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Symmetric Stream Cipher , sistem pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.