Jurnal : Implementasi Fuzzy Multiple Attribute Decision Making Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah

Jurnal : Implementasi Fuzzy Multiple Attribute Decision Making Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah

Jurnal : Implementasi Fuzzy Multiple Attribute Decision Making Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah

(Jurnal Teknik Informatika)


Fuzzy Multiple Attribute Decision Making

ABSTRAK

Memilih rumah secara langsung merupakan hal yang biasa dilakukan, namun membutuhkan waktu dan tenaga serta biaya, sehingga kurang efektif dan efisien, oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapatmemenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai perumahan dan informasi kredit kepemilikan rumah dengan dana yang teprjangkau.Kemampuan komputer sebagai perangkat yangmembantu mempermudah tugas atau kerjaseseorang menjadi lebih mudah, lebih efektif dan lebihefisien khususnya dalam kecepatan proses dan keakuratanhasil yang diberikan diharapkan dapat membantu untukmempermudah dalam pemilihan tipe perumahan.

Penyediaan sistem pendukung keputusan pembelian perumahan secara onlineyang berbasis dimungkinkan konsumen bisa memilih tipe rumah sesuaidengan dana yang tersedia serta visualisasi model jenisrumah. Sistem ini dibuat dengan menggunakan algoritmafuzzy multiple attribute decision makingdalam penentuan uang muka, tipe rumah, harga rumah, fasilitas dan angsuran perbulan. Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana mendapatkan data-data rumah untuk sistem pendukung keputusan pemilihan rumah, bagaimana metode fuzzy multiple attribute decision making dalam hal pemilihan rumah berdasarkan harga dan bagaimana merancang suatu sistem pendukung keputusan dalam hal pemilihan rumah. Tipe rumah yang digunakan dalan penelitian ini adalah Type 22, Type 27, Type 30, Type 36 , Type 45 , Type 50, Type 60, Type 75, dan Type 95. Penelitian ini memberikan informasi mengenai type rumah, harga rumah, dan fasilitas yang dimikili rumah, tetapi tidak melayani proses pembelian online atau transaksi jual beli. Bahasa pemograman yang digunakan dalam merancangan sistem pendukung keputusan adalah HTML, dan PHP. Metode yang digunakan adalah sistem pendukung keputusan adalah metode fuzzy multiple attribute decision making.

Kata Kunci : Fuzzy, Rumah, Online, Pembelian Rumah, MADM


1. Pendahluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Perumahan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia dan merupakan faktor penting dalam peningkatan harkat dan martabat manusia, maka perlu diciptakan kondisi yang dapat mendorong pembangunan perumahan untuk menjaga kelangsungan penyediaan perumahan. Rumah adalah salah satu benda paling berharga bagi setiap manusia dalam menjalani kehidupan. Rumah adalah tempat beristirahat yang paling nyaman setelah lelah beraktivitas juga sebagai tempat berteduh dari hujan dan sengatan matahari. Tak heran bila rumah umumnya menjadi benda termahal yang dibeli setiap orang, terutama yang sudah berumah tangga seperti yang pepatah mengatakan perumahan adalah istanaku. Namun, jika salah melangkah saat membeli rumah, bukan kenyamanan yang akan didapati, justru ketidaktenangan dan rasa was-was yang akan kerap menghantui setiap hari.

Masyarakat dapat dengan mudah menemukan berbagai penawaran menarik tentang perumahan. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan yang cukup sulit bagi masyarakat.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.