Jurnal : Penerapan Metode Promethee Pada Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Peserta Jamkesmas (Studi Kasus : Kelurahan Kwala Berkala)

Jurnal : Penerapan Metode Promethee Pada Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Peserta Jamkesmas (Studi Kasus : Kelurahan Kwala Berkala)

Penerapan Metode Promethee Pada Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Peserta Jamkesmas 
(Studi Kasus : Kelurahan Kwala Berkala)
(Jurnal Teknik Informatika)

Penerapan Metode Promethee Pada Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Peserta Jamkesmas (Studi Kasus : Kelurahan Kwala Berkala)

ABSTRAK

Perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat dapat membantu manusia untuk memenuhi
kebutuhan ditinjau dari berbagai aspek seperti kemudahan, efisiensi waktu, efektifitas kerja dan dapat
digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah dan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Salah satu
perkembangan nyata dibidang pengambilan keputusan dalam menentukan penerima Jamkesmas berdasarkan
kriteria yang ada. dimana masih banyak orang yang seharusnya berhak, justru tidak mendapatkan bantuan
tersebut. Selama ini kepesertaan Jamkesmas ditetapkan langsung oleh Pemerintah Daerah. Hal ini berdampak adanya subjektifitas di dalam penentuan peserta Jamkesmas, terutama jika beberapa calon peserta yang ada memiliki tingkat kelayakan yang tidak jauh berbeda. Untuk menyelesaikan masalah di atas maka perlu merangcang sebuah apliksai Sistem Pendukung Keputusan sebagai alternatif untuk membantu Kelurahan Kwala bekala menentukan penerima Jamkesmas berdasarkan kriteria-kriteria yang ada, dengan memanfaatkan data dan model untuk menyelesaikan masalah, salah satu metode yang dipakai adalah Promethee (Preference Rangking Organization for Enrichment Evaluation).

Kata kunci : SPK, Jamkesmas, Promethee.

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Seiring keberhasilan yang telah dicapai pada program Jamkesmas ini, masih ada permasalahan yang perlu dibenahi, salah satunya kesulitan dalam menentukan penerima Jamkesmas berdasarkan kriteria yang ada. Dimana masih banyak orang yang seharusnya berhak, justru tidak mendapatkan bantuan tersebut. Selama ini kepesertaan Jamkesmas ditetapkan langsung oleh Pemerintah Daerah. Hal ini berdampak adanya subjektifitas di dalam penentuan peserta Jamkesmas, terutama jika beberapa calon peserta yang miskin atau kurang mampu memiliki tingkat kelayakan yang tidak jauh berbeda.

Untuk menyelesaikan masalah di atas maka perlu merancang sebuah apliksai sistem pendukung keputusan sebagai alternatif untuk membantu dalam menentukan penerima Jamkesmas berdasarkan kriteria-kriteria yang ada. Sistem pendukung keputusan memanfaatkan data dan model untuk menyelesaikan masalah, salah satu metode yang dipakai adalah Promethee


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode  Promethee, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.