Jurnal : Sistem Rekomendasi Bahan Ajar untuk E-learning

Jurnal : Sistem Rekomendasi Bahan Ajar untuk E-learning

Jurnal : Sistem Rekomendasi Bahan Ajar untuk E-learning


ABSTRAKSI 

Sistem rekomendasi bahan ajar untuk eLearning diperlukan agar pemberian bahan ajar dapat diserap secara efektif oleh siswa. Rekomendasi yang diberikan harus memperhatikan beberapa faktor seperti tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda, kualitas bahan ajar yang diberikan, dan bahan ajar yang direkomendasikan harus dapat membantu mentupi kelemahan siswa. Untuk itu, teknik rekomendasi yang digunakan juga tidak hanya menggunakan sebuah teknik rekomendasi. Teknik utama yang digunakan dalam rekomendasi di sini adalah dengan menggunakan model-based collaborative filtering dan rekomendasi berdasarkan kelompok siswa. 

Pendahuluan 

 Perkembangan teknologi informasi telah semakin pesat, baik itu dari sisi perangkat keras, maupun dari sisi perangkat lunak. Salah satu bidang yang dapat disentuh oleh perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan, yaitu melalui eLearning. Di dalam eLearning ini, teknologi bukan hanya sekedar digunakan untuk menyampaikan bahan ajar secara elektronik dan melakukan proses otomasi evaluasi. Namun, lebih dari itu, pemilihan bahan ajar juga harus sangat diperhatikan. Pemilihan bahan ajar yang tepat kepada siswa juga akan bergantung kepada beberapa hal, misalnya hasil evaluasi kemampuan siswa atau bahan ajar yang belum pernah dibaca oleh siswa. Proses belajar konvensional saat ini berasumsi bahwa kemampuan siswa di kelas sama, sehingga hasil pemberian bahan ajar / pengajaran akan kurang efektif, karena akan ada siswa yang kurang bisa memahami dan di sisi lain terdapat siswa yang sudah sangat mengerti. Dengan menggunaan teknologi informasi, diharapkan tiap siswa dapat mendapat perhatian khusus sehingga bahan ajar yang diberikan dapat sesuai dengan kebutuhan mereka. Kebutuhan siswa di sini diartikan sebagai tercapainya tujuan dari sistem pengajaran tersebut. Kemudian di sini diasumsikan bahwa tujuan dari sistem pengajaran tersebut adalah tercapainya pemahaman siswa sampai dengan batas minimal tertentu terhadap pokok bahasan dalam pengajaran. 



Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut :
Jurnal : Sistem Rekomendasi Bahan Ajar untuk E-learning


Kata Kunci : Jurnal sistem rekomendasi, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Skripsi