Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa Penerima Beasiswa Dengan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa Penerima Beasiswa Dengan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)

Abstrak

Sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan oleh pihak pendonor beasiswa untuk memperolehbeasiswa, maka diperlukan kriteria-kriteria untuk menentukan siapa yang akan terpilih untuk menerimabeasiswa. Pembagian beasiswa dilakukan oleh beberapa lembaga untuk membantu seseorang yang berprestasiselama menempuh studinya. Untuk membantu penentuan dalam menetapkan seseorang yang layak menerimabeasiswa maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Metode yang dapat digunakan untuk SistemPendukung Keputusan adalah dengan menggunakan Analitical Hierarcy Process (AHP). Pada penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari alternative terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan mengggunakan metode AHP. Metode ini dipilih karena mampumenyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu yangberhak menerima beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencarinilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses pengurutan kandidat yang akan menentukanalternatif yang optimal, yaitu siswa terbaik. 

Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Seleksi, Siswa, Beasiswa 

Pendahuluan

Manusia memiliki hak asasi yang paling mendasar yaitu mendapatkan pendidikan yang layak seperti yang tercantum dalam UUD 1945. Dengan mendapatkan pendidikan yang baik, maka seseorang itu akan terbuka baginya peluang pekerjaan yang baik untuk terwujudnya kehidupan yang lebih baik. Setiap Negara sangat mendukung agar seluruh warga negaranya bisa meraih pendidikan yang lebih tinggi. Dengan adanya pendidikan maka seseorang tersebut akan mampu bersaing di dunia kerja dan memiliki keahlian sehingga dia tidak mudah di jajah oleh orang lain maupun orang asing. Peralatan utama analytical hierarkhi process adalah sebuah hierarki fungsional dengan input utamanya persepsi manusia. Keberadaan hierarkimemungkinkan dipecahnya masalah kompleks atau tidak terstruktur dalam sub-sub masalah, lalu menyusunnya menjadi suatu bentuk hierarki. Analytical hierarkhi process memiliki banyak keunggulan dalam menjelaskan proses pengambilan keputusan. Salah satunya adalah dapat digambarkan secara grafis sehingga mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan 


Peneliti : Harwiman Tanjung

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Siswa Penerima Beasiswa Dengan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)




Jurnal Metode Analytical Hierarcy Process (AHP), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.