Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : GAPEKSINDO MEDAN)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : GAPEKSINDO MEDAN)



Abstrak

Sistem pendukung keputusan sebagai sebuah sistem berbasis komputer yang terdiri atas komponen - komponen antara lain komponen sistem bahasa (language), komponen sistem pengetahuan (knowledge) dan komponen sistem pemrosesan masalah (problem processing) yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang interaktif, yang membantu pengambil keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan untuk memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun yang tidak terstruktur. SAW merupakan suatu model pendukung keputusan yang dikembangkan oleh Thomas L. Saaty. Model pendukung keputusan ini akan menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria yang kompleks menjadi suatu hirarki, menurut Saaty (1993), hirarki didefinisikan sebagai suatu representasi dari sebuah permasalahan yang kompleks dalam suatu struktur multi level dimana level pertama adalah tujuan, yang diikuti level faktor,kriteria, sub kriteria, dan seterusnya ke bawah hingga level terakhir dari alternatif. Dengan hirarki, suatu masalah yang kompleks dapat diuraikan ke dalam kelompok-kelompoknya yang kemudian diatur menjadi suatu bentuk hirarki sehingga permasalahan akan tampak lebih terstruktur dan sistematis. Dari hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan Simple Additive Weighting (SAW), berbasis web sebagai model sistem pendukung keputusan Sistem Pendukung Kepusan Kenaikan Jabatan Fungsional Dengan metode Simple Additive Weighting (SAW), Pada Gapeksindo Medan”. dapat membantu pekerjaan tim penyeleksi Karyawan unggulan melalui pros es pembobotan multikriteria dan seleksi dengan lebih cepat, cermat dan lebih efektif. 

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Metode Simple Additive Weighting (SAW).


Pendahuluan 

Dalam dunia Perusahaan, komputer sangat penting dalam menunjang perkembangan Perusahan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada perusahaan kantor tersebut. Namun, karena dibatasi oleh kemampuan mengoperasikan komputer tersebut sampai sekarang masih banyak yang mengelola data dengan menggunakan komputerisasi sederhana dan faktor kurangnya penunjang yang lebih luas dalam menentukan Karyawan yang layak promosi jabatan. Seperti pada Perusahaan Gapeksindo Medan, dalam seleksi Jabatan masih menggunakan cara yang sederhana yaitu dengan menggunakan Microsoft Excel, sehingga ekstensitas kesalahan cukup tinggi dan kurang memuaskan. Dalam penyelesaian masalah menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk menjabarkan bobot-bobot yang sesuai dengan kriteria yang pantas Kenaikan Jabatan menggunakan cara manual sehingga membutuhkan banyak waktu untuk menentukan dengan banyak bobot yang dibutuhkan dalam penentuan Karyawan yang berhak Kenaikan Jabatan sesuai dengan Kemampuan dan Bidang masing – masing karyawan. 


Peneliti : M. Sulaiman Silalahi

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus : GAPEKSINDO MEDAN)



Kata kunci pencarian : Jurnal Metode Weighted Product (WP), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.