Jurnal : Implementasi Metode Technique For Other Preference By Similarity To Ideal Solution(TOPSIS) Untuk Keputusan Pemberian Bonus Karyawan

Jurnal : Implementasi Metode Technique For Other Preference By Similarity To Ideal Solution(TOPSIS) Untuk Keputusan Pemberian Bonus Karyawan

Jurnal : Implementasi Metode Technique For Other Preference By Similarity To Ideal Solution(TOPSIS) Untuk Keputusan Pemberian Bonus Karyawan
(Jurnal Teknik Informatika)



Metode Technique For Other Preference By Similarity To Ideal Solution(TOPSIS)

ABSTRAK

Mengelola kinerja sumber daya manusia merupakan suatu upaya penting yang dilakukan oleh sebuah perusahaan agar tujuan dari perusahaan itu dapat tercapai. Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja atau prestasi kerja para karyawannya. Salah satu cara manajemen untuk meningkatkan prestasi kerja, motivasi, dan kepuasan kerja para karyawan adalah melalui pemberian bonus kepada karyawan.

Sistem Pendukung Keputusan Pemberian bonus merupakan hal yang cukup penting bagi setiap karyawan dan sangat berguna untuk perusahaan dalam menentukan keputusan yang menyangkut karyawan. Bonus atau kompensasi merupakan balas jasa yang diberikan oleh organisasi atau perusahaan kepada karyawan, yang dapat bersifat finansial maupun non finansial, pada periode yang tetap. Sistem bonus atau kompensasi yang baik akan mampu memberikan kepuasan bagi karyawan dan memungkinkan perusahaan memperoleh, mempekerjakan, dan mempertahankan karyawan.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem pendukung keputusan pemberian bonus karyawan yang terkomputerisasi dan dapat digunakan di PT. SS Finance Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution(TOPSIS) yang dapat mengambil keputusan dengan efektif atas persoalan yang kompleks. Dengan adanya sistem pendukung keputusan pemberian bonus tersebut diharapkan dapat membantu pekerjaan lebih efektif dan efisien sehingga hasil yang diperoleh akan lebih baik.

Kata kunci : Pemberian bonus, Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution(TOPSIS)

1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Mengelola kinerja sumber daya manusia merupakan suatu upaya penting yang dilakukan oleh sebuah perusahaan agar tujuan dari perusahaan itu dapat tercapai. Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja atau prestasi kerja para karyawannya. Salah satu cara manajemen untuk meningkatkan prestasi kerja, motivasi, dan kepuasan kerja para karyawan adalah melalui pemberian bonus kepada karyawan. Bonus dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang diterima karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka. Sebelum bonus diberikan, terlebih dahulu dilakukan proses kompensasi, yaitu suatu jaringan berbagai proses untuk memberikan balas jasa kepada karyawan untuk pelaksanaan pekerjaan dan untuk memotivasi mereka agar mencapai tingkat prestasi.

Secara umum para karyawan dari suatu perusahaan menerima imbalan atau gaji tetap sebagai balas jasa atas hasil kerjanya. Namun terkadang hal ini kurang mencukupi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari para pekerja, sehingga dapat berdampak pada kinerja yang dihasilkan para karyawan menjadi kurang maksimal.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Technique For Other Preference By Similarity To Ideal Solution(TOPSIS), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.