Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Dengan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Dengan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Dengan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)


(Jurnal Teknik Informatika)



Metode Analytical Hierarcy Process (AHP)
ABSTRAK

Sebagian besar siswa lulusan SMP berkeinginan untuk melanjutkan keinginannya khususnya ke SMK, hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa lulusan SMP yang mengikuti ujian masuk ke SMK. Hal yang patut disayangkan adalah kurang matangnya mereka memilih jurusan yang ada di sekolah kejuruan yang dituju. Situasi semacam ini berdampak pada biaya pendidikan yang terlanjur di keluarkan, baik pada orang tua siswa maupun pemerintah yang mensubsidi sekolah menjadi tidak bermanfaat karna siswa tersebut tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk jurusan yang sudah dipilihnya, akibat negatif lainya adalah para siswa yang drop out.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari team penerimaan siswa kejuruan jumlah jurusan yang ada pada SMA kartini utama sei rampah terdiri dari empat jurusan yaitu jurusan Akutansi, Administrasi, Teknik Komputer Jaringan dan tsm penjurusan didasarkan pada pilihan siswa saat melakukan pendaftaran dengan mencatumkan minat untuk jurusan selain itu penjurusan ditentukan oleh nilai yang disyaratkan pada masing-masing jurusan. Sistem pendukung keputusan pemilihan jurusan dengan metode Analytical Hierarchy Process. Diharapka dapat membantu team penerimaan siswa baru dalam menentukan jurusan bagi tiap siswa. 

Sistem pendukung keputusan ini diharapkan membantu sehingga dapat dengan mudah menentukan dimana yang cocok untuk siswa siswi dengan menggunkan nilli yang sudah ada dan dapat diketahui perangkingan dari setiap lokasi, kemudian data akan diolah untuk menentukan jurusan yang tepat untuk masing-masing siswa.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Pengertian Penjurusan SMK, Analytical Hierarchy Process


1. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang Masalah

Lembaga pendidikan setiap tahunnya terus berusaha meningkatan mutu pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan harapan lulusannya dapat memiliki ketrampilan dan keahlian lebih di bandingkan sekolah sederajat, hal tersebut di lakukan demi meningkatkan kualitas lulusan sehingga siap memasuki dunia kerja. Antusias siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) cukup besar, tetapi kebanyakan mereka kurang matang untuk memilih jurusan yang ada sesuai kemampuannya, akibatnya cukup banyak siswa baru yang gagal di tengah jalan ketika mereka sudah di terima di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), banyak juga kasus siswa yang merasa tidak cocok dengan jurusan yang di pilihnya ketika ia telah memperoleh pelajaran disekolah, jelas ini sangat merugikan bagi kedua pihak antara siswa dengan pihak sekolah.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Analytical Hierarcy Process (AHP), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.