Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Guru Berprestasi Untuk Memberikan Penghargaan Dengan Metode TOPSIS

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Guru Berprestasi Untuk Memberikan Penghargaan Dengan Metode TOPSIS

Jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Guru Berprestasi Untuk Memberikan Penghargaan Dengan Metode TOPSIS

(Jurnal Teknik Informatika)



ABSTRAK

Secara umum pelaksanaan pemilihan guru berprestasi telah berjalan dengan lancar sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Namun demikian, pelaksanaannya dirasakan masih belum optimal sehingga perlu dilakukan penyempurnaan, khususnya pada aspek penilaian. Dalam penilaian seleksi guru berprestasi saat ini di SMA 2 Lubuk pakam terdapat beberapa kriteria penilaian yaitu Test Tertulis, Test Wawancara, Presentasi Mengajar, Bahasa Inggris & TIK. Agar pelaksanaan seleksi guru tersebut dapat berjalan maka hal ini yang menjadikan perlunya suatu sistem pendukung keputusan yang mampu memberikan konsistensi penilaian dengan penerapan normalisasi dan memberikan kemudahan dalam hasil nilai yang akan ditentukan dari setiap Test.  

Sistem pendukung keputusan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode TOPSIS (Technique for Order Performance by Similarity to Ideal Solution). Metode ini sangat mendukung penilaian kriteria dan pembobotan nilai. Kriteria yang digunakan berdasarkan hasil analisa data dan hasil penilaian setiap Test. Sistem ini juga bermanfaat bagi pihak sekolah dalam menentukan dan penghitungan nilai dalam menentukan guru yang layak untuk mendapatkan penghargaan dalam seleksi guru berprestasi.

Kata Kunci : Sistem pendukung keputusan, TOPSIS, Seleksi Guru Berprestasi

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah

Guru berperan penting dalam kemajuan sekolah terutama bagi para peserta didik. Tugas utama Guru adalah mendidik, mengajar, membimbing mengarahkan melatih, menilai, dan megevaluasi peserta didiknya. Guru berprestasi adalah guru yang memiliki kemampuan melaksanakan tugas, keberhasilan dalam melaksanakan tugas, memiliki kepribadian yang sesuai dengan profesi guru dan memiliki wawasan kependidikan sehingga secara nyata mampu meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran atau bimbingan melebihi yang dicapai oleh guru lain sehingga dapat dijadikan panutan oleh siswa, rekan sejawat, maupun masyarakat sekitarnya. 

Sehubungan dengan itu, pemerintah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk menyadarkan guru, terutama bagi guru-guru yang berprestasi.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode TOPSIS, sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.