Jurnal : Sistem Manajemen Download Dalam Upaya Meminimalisir Pemborosan Bandwidth Menggunakan Metode Analycal Hierarchy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Manajemen Download Dalam Upaya Meminimalisir Pemborosan Bandwidth Menggunakan Metode Analycal Hierarchy Process (AHP)

Jurnal : Sistem Manajemen Download Dalam Upaya Meminimalisir Pemborosan Bandwidth Menggunakan Metode Analycal Hierarchy Process (AHP)
(Jurnal Teknik Informatika)


Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler Dengan Metode Smart

ABSTRAK

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet, Internet juga mepunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang muda atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran (decentralization) atau pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim, dan salah satu penyebab
terjadinya traffic internet menjadi sangat tinggi adalah banyaknya user yang melakukan download berbagai
macam file di Internet. Selain menghabiskan bandwidth seringkali terjadi duplikasi file yang di-download.

Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut maka perlu adanya Sistem Manajemen Download yang dapat menjadi alternatif penghematan penggunaan bandwidth dengan menerapkan metode AHP untuk proses
antrian file yang akan didownload menjadikan user yang sedang melakukan browsing internet tidak akan
terganggu oleh user lain yang sedang mendownload file.

Sistem ini belum bisa berjalan sendiri tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, seperti squid, iptables, dan wget sehingga kelancaran proses manajemen download ini sangat bergantung kepada kesiapan dan kelancaran aplikasi-aplikasi pendukung akses download.

Kata Kunci : Sistem Manajemen Download, Download, Metode AHP


1.1 Latar Belakang Masalah
Strategi membangun sebuah situs merupakan strategi yang tepat dan efektif dalam hal diseminasi informasi yang murah dan cakupan luas. Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet, internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet
melambangkan penyebaran (decentralization) atau pengetahuan (knowledge) informasi maupun data secara ekstrim dan salah satu penyebab terjadinya traffic internet menjadi sangat tinggi adalah banyaknya user yang melakukan download berbagai macam file di Internet. Selain menghabiskan bandwidth seringkali terjadi duplikasi file yang didownload.

Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut maka perlu adanya Sistem Manajemen Download yang dapat menghemat penggunaan bandwidth sehingga dengan adanya sistem ini, user yang sedang melakukan browsing internet tidak akan terganggu oleh user lain yang sedang mendownload file. Adanya sistem ini, dengan harapan ingin membantu pengguna internet dan menolong dalam hal kenyamanan pengguna dan kemudahan dalam pemakaian internet. Pada umumnya upaya untuk menghemat bandwith dilakukan dengan membatasi jumlah bandwidth yang bisa digunakan selama proses download maupun upload atau bahkan ada juga yang memblock aktifitas download dan upload sama sekali. 

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Analycal Hierarchy Process (AHP), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.