gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Penentuan Prioritas Pengerjaan Order Dengan Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) Pada PT. Inti Jaya Logam

Post a Comment

Jurnal : Penentuan Prioritas Pengerjaan Order Dengan Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) Pada PT. Inti Jaya Logam(Jurnal Teknik Informatika)


Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS)


ABSTRAK

Industri manufaktur adalah industri yang memproduksi bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang
jadi. Salah satu bagian dari suatu industri manufaktur adalah sistem produksi. Oleh karena itu, sistem produksi merupakan faktor yang sangat penting dalam suatu industri manufaktur. Perencanaan dan pengawasan produksi merupakan bagian dari suatu sistem produksi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada customer, meminimalkan investasi pada persediaan dan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan sumber daya. Beberapa kegiatan tersebut meliputi perencanaan dan pengendalian, pengerjaan order, persediaan, kapasitas gudang, pergerakan material dan menjadwalkan produksi (Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010, Moch. Arifin, Yogyakarta).



PT. Inti Jaya Logam sulit menentukan prioritas order diakibatkan permintaan yang banyak di waktu yang sama dengan menggunakan sistem manual yaitu dengan melakukan pencatatan ke dalam buku. Adapun metode Multi-Attribute Decision Making yang diimplementasikan adalah Technique for Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) yang digunakan untuk memilih alternatif order berdasarkan jarak terdekat dengan solusi ideal. Oleh karena itu, maka perlu dilakukan penelitian penentuan prioritas pengerjaan pesanan untuk mengetahui alternatif order mana yang harus dikerjakan lebih dahulu sehingga proses produksi dapat berjalan dengan baik dan keterlambatan dapat diminimumkan atau bahkan dapat dihilangkan.

 Kata kunci : Prioritas, Pengerjaan Order, TOPSIS.



1. Pendahuluan
Industri manufaktur adalah industri yang memproduksi bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Salah satu bagian dari suatu industri manufaktur adalah sistem produksi. Oleh karena itu, sistem produksi merupakan faktor yang sangat penting dalam suatu industri manufaktur. Perencanaan dan pengawasan produksi merupakan bagian dari suatu sistem produksi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada customer, meminimalkan investasi pada persediaan dan meningkatkan efisiensi dalam penggunaan sumber daya. Beberapa kegiatan tersebut meliputi perencanaan dan pengendalian, pengerjaan order, persediaan, kapasitas gudang, pergerakan material dan menjadwalkan produksi (Seminar Nasional
Aplikasi Teknologi Informasi 2010, Moch. Arifin, Yogyakarta). 

Pengerjaan pesanan dengan jumlah dan kompleksitas berbeda-beda harus diselesaikan tepat waktu sesuai dengan due date yang telah disepakati dengan konsumen. Untuk itu, perlu diketahui urutan pengerjaan order mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Penentuan prioritas merupakan salah satu cara untuk menyusun urutan pengerjaan order tersebut. PT. Inti Jaya Logam sulit menentukan prioritas order diakibatkan permintaan yang banyak di waktu yang sama dengan menggunakan sistem manual yaitu dengan melakukan pencatatan ke dalam buku. Dalam penentuan prioritas, ada berbagai metode yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan seperti pendekatan Multi-Attribute Decision Making. Multi- Attribute Decision Making digunakan untuk melakukan penilaian atau seleksi terbaik terhadap beberapa alternatif dengan jumlah terbatas. Adapun metode Multi-Attribute Decision Making yang diimplementasikan adalah Technique for Order Preference By Similarity To Ideal Solution yang digunakan untuk memilih alternatif order berdasarkan jarak terdekat dengan solusi ideal.


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.






Related Posts

Post a Comment