jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas Setia Budi Abadi Perbaungan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

jurnal : Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas Setia Budi Abadi Perbaungan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas Setia Budi Abadi Perbaungan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)
(Jurnal Teknik Informatika)


Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas Setia Budi Abadi Perbaungan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting


ABSTRAK

Sebagian besar siswa lulusan SMP berkeinginan untuk melanjutkan keinginannya khususnya ke SMA, hal
tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa lulusan SMP yang mengikuti ujian masuk ke SMA. Hal yang patut disayangkan adalah kurang matangnya mereka memilih jurusan yang ada di sekolah kejuruan yang dituju. Situasi semacam ini berdampak pada biaya pendidikan yang terlanjur di keluarkan, baik pada orang tua siswa maupun pemerintah yang mensubsidi sekolah menjadi tidak bermanfaat karna siswa tersebut tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk jurusan yang sudah dipilihnya, akibat negatif lainya adalah para siswa yang drop out.

 Berdasarkan informasi yang diperoleh dari team penerimaan siswa kejuruan jumlah jurusan yang ada pada SMA Setia Budi Abadi Perbaungan terdiri dari dua jurusan yaitu jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) penjurusan didasarkan pada pilihan siswa saat melakukan pendaftaran dengan mencatumkan minat untuk jurusan 1 dan jurusan 2 selain itu penjurusan ditentukan oleh nilai yang disyaratkan pada masing-masing jurusan. Sistem pendukung keputusan pemilihan jurusan dengan metode fuzzy Multi-Attribute Decision Making. Diharapkan dapat membantu team penerimaan siswa baru dalam menentukan jurusan bagi tiap siswa.

Sistem pendukung keputusan ini mengunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) sehingga dapat dengan mudah menentukan dimana yang cocok untuk siswa siswi dengan menggunkan nilali yang sudah ada dan dapat diketahui perangkingan dari setiap lokasi, kemudian data akan diolah untuk menentukan jurusan yang tepat untuk masing-masing siswa. 

Kata Kunci : Sistem Pendukkung Keputusan, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making, Simple Additive Weighting

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Yayasan perguruan Setia Budi Abadi Perbaungan adalah suatu sekolah atau jenjang pendidikan yang terdiri dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Setia Budi Abadi Perbaungan, dalam hal pemilihan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ataupun pemilihan jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ), bagi siswa siswi kelas satu yang naik ke kelas dua
dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan kepada para siswa jurusan apa yang diinginkan oleh para murid tersebut. Tanpa melihat hasil akademik dari siswa sesuai dengan bidang jurusan yang yang diinginkan.

Untuk menjadikan pemilihan jurusan pada sekolah menengah atas Setia Budi Abadi Perbaungan lebih objektif dan sesuai dengan kemampuan siswa siswinya maka perlu dirancang suatu sistem. Dimana sistem tersebut adalah sistem pendukung keputusan.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

DOWNLOAD JURNAL

Kata Kunci : Jurnal Metode Simple Additive Weighting (SAW), sistem pendukung keputusan, SPK, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.