gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Perancangan Aplikasi Prediksi Persediaan Pupuk Anorganik Menggunakan Metode Bayes (Studi Kasus : Toko Jeychio Petani)

Post a Comment
Jurnal : Perancangan Aplikasi Prediksi Persediaan Pupuk Anorganik Menggunakan Metode Bayes (Studi Kasus : Toko Jeychio Petani)


ABSTRAK 

Pada saat ini, informasi merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang perkembangan dunia pendidikan, usaha maupun Industri. Perkembangan teknologi di bidang komputer sangat membantu pergerakan arus informasi dari suatu sumber ke target konsumen. Manfaat yang diharapkan dari penulisan skripsi ini adalah membantu pengguna dalam memprediksi persediaan pupuk anorganik khususnya toko JeyChio Petani. Karena sering kali pihak pengusaha memprediksi dan menyediakan pupuk berdasarkan persepsi sendiri, hal ini tentu kurang efektif karena keputusan yang di ambil sering kali keliru atau tidak sesuai seperti yang diharapkan. Skripsi ini membahas tentang implementasi Bayes dalam memprediksi persediaan pupuk anorganik pada toko JeyChio Petani. Metode Bayes merupakan salah satu teori probabilitas bersyarat dalam masalah terstruktur maupun masalah semi terstruktur. Pada awalnya ditemukan oleh seorang ahli matematika yaitu Thomas Bayes. Yang mengembangkan teori “Bayesian Decision Theory”, yaitu teori keputusan berdasarkan rumusan peluang yang bertujuan untuk memecahkan masalah pembuatan keputusan yang mengandung ketidakpastian (Decision making under uncertainty), sehingga keputusan yang diambil berdasarkan analisa dan parameter yang telah ditentukan. Dengan menggunakan teori Bayes, dapat dihitung probabilitas persediaan pupuk anorganik berdasarkan perhitungan dari bobot kriteria masing-masing yang telah ditentukan terlebih dahulu, dengan perhitungan probabilitas persediaan pupuk anorganik tersebut, dapat ditentukan prediksi pupuk anorganik yang akan disediakan (di-supply). Dengan adanya Metode Bayes lebih mempermudah dalam perhitungan probabilitas dan dalam pengambilan keputusan karena dapat diambil suatu keputusan berdasarkan perhitungan yang telah di uji sendiri. 

Kata kunci: Bayes,Prediksi, Probabilitas. 


Pendahuluan 

Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya adalah bermata pencaharian sebagai petani. Untuk meningkatkan kualitas dan hasil tanaman yang diinginkan maka para petani sangat membutuhkan pupuk anorganik. Pupuk anorganik secara umum adalah adalah pupuk yang dibuat oleh pabrik-pabrik pupuk dengan meramu bahan-bahan kimia anorganik berkadar hara tinggi yang sangat banyak manfaatnya dalam dunia pertanian. Perkembangan yang begitu cepat dengan tingkat persaingan yang semakin berat mengarahkan setiap toko harus memandang ke depan dalam menentukan langkahnya dan bagaimana usaha dan cara untuk mencapainya. Oleh sebab itu, strategi penjualan merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis untuk dapat meningkatkan nilai penjualan. Salah satunya ialah dibutuhkan suatu ketersediaan pupuk yang cukup untuk bisa men-supplay banyaknya minat konsumen yang ingin membeli produk tersebut. 

Peneliti : Manika Juniati Sitanggang

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Perancangan Aplikasi Prediksi Persediaan Pupuk Anorganik Menggunakan Metode Bayes (Studi Kasus : Toko Jeychio Petani)


Keywords : Jurnal Implementasi Algoritma Bayes , Data Mining, DM, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment