gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Jurnal : Sistem Keputusan Analisa Pola Penjualan Barang Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Lucky Swalayan)

Post a Comment
Jurnal : Sistem Keputusan Analisa Pola Penjualan Barang Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Lucky Swalayan)


ABSTRAK 

Analisis asosiasi adalah teknik data mining untuk menemukan aturan asosiatif antara suatu kombinasi item. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma apriori menggunakan 2 nilai analisis 2 nilai penting yaitu minimum support dan confidence. Dua nilai tersebut digunakan dengan proses iterasi untuk menemukan setiap kombinasi item barang yang disebut proses join dan proses untuk mengeliminasi pengelompokan barang yang tidak memenuhi minimum support yang disebut proses prune Dari teknik-teknik yang disebutkan diatas didapatkan frekuensi dan item barang yang paling sering muncul bersamaan yang membantu management untuk menata dan mengelompokan barang dan mengoptimalkan persediaan produk. 

Kata kunci: Algoritma Apriori, SPK, Pola Penjualan 


Pendahuluan 

Pasar swalayan merupakan sarana atau tempat penyedia barang kebutuhan sehari-hari mulai dari sembilan bahan pokok sampai kebutuhan rumah tangga lainnya,cotohnya di Lucky Swalayan setiap harinya terjadi beberapa transaksi penjualan. Data transaksi penjualan akan terus bertambah setiap harinya. Semakin banyak data transaksi yang tersimpan menyebabkan penyimpanan data yang sangat besar. Dalam data transaksi penjualan tersebut, pemilik swalayan kurang mengetahui barang apa saja yang pola penjualannya paling tinggi selama 5 tahun terakhir. Data penjualan selama 5 terakhir. tersebut bisa diolah kembali untuk menghasilkan/membuktikan barang apa saja yang pola penjualannya paling tinggi. Hasil dari pengolahan data tersebut bisa menjadi informasi-informasi yang bermanfaat yang bisa digunakan untuk pengambilan suatu keputusan dan untuk memperoleh pengetahuan. Pengolahan data tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik tertentu. Salah satu teknik yang digunakan dalam pengolahan data tersebut adalah dengan menggunakan metode algoritma apriori. 

Peneliti : Safar Riduan Pasaribu

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut ini :

Jurnal : Sistem Keputusan Analisa Pola Penjualan Barang Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Lucky Swalayan)


Keywords : Jurnal Implementasi Algoritma Apriori , Data Mining, DM, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika, Contoh Skripsi Teknik Informatika ,Contoh Skripsi, Skripsi.

Related Posts

Post a Comment