gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Apa itu Demografi? Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Post a Comment

Demografi adalah ilmu statistika yang bertujuan untuk menggambarkan gambaran statistik penduduk dengan kriteria dan variabel yang telah ditentukan. Melalui data kependudukan, langkah-langkah penting dapat diambil untuk mengambil suatu kebijakan di suatu daerah.

Selain itu, data kependudukan biasanya banyak digunakan untuk menganalisis penduduk untuk mengambil informasi dengan berbagai cara. Salah satu contohnya adalah informasi tentang tingkat kemiskinan suatu daerah.

Dengan mendapatkan hasil pemetaan tingkat kemiskinan suatu daerah maka akan dilakukan analisis terhadap penyebab dan langkah yang akan dilakukan sehingga diperoleh keputusan dari pemerintah daerah untuk menerima kebijakan yang dapat meningkatkan perekonomian daerah tersebut.

Selain itu, melalui data kependudukan juga dapat dilakukan pendataan tingkat pendidikan, pendapatan masyarakat, pemanfaatan teknologi dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kehidupan penduduk di suatu daerah. Untuk lebih jelasnya mengenai demografi berikut, kami ulas ulasan di bawah ini untuk Anda.

 

Pengertian Demografi adalah

Ada banyak arti untuk menggambarkan tujuan demografi. Kami akan merangkumnya secara sederhana agar Anda lebih memahami apa yang dimaksud dengan demografi. Berikut adalah beberapa ulasan tentang demografi ini.

Kependudukan adalah ilmu di bidang statistika yang digunakan untuk menggambarkan keadaan suatu daerah berdasarkan variabel-variabel yang telah ditentukan untuk dijadikan data dan dianalisis sehingga dapat diambil keputusan untuk kebijakan daerah.

Demografi adalah data statistik yang berkaitan dengan suatu populasi berdasarkan variabel seperti jenis kelamin, agama, pendidikan, pekerjaan, usia, ras, dll.

Selain itu, demografi merupakan data fundamental untuk dianalisis, terutama yang terkait dengan kebijakan pemerintah. Berbagai data kependudukan diperlukan berdasarkan tujuan penelitian kependudukan.Contohnya adalah pengambilan data kematian, kelahiran, kemiskinan, pendapatan masyarakat dan lain sebagainya.

Selain itu, melalui peta demografi juga dapat diambil keputusan yang mengarah pada kebijakan yang mendukung masyarakat sehingga pendekatan yang dilakukan tepat sasaran dengan kondisi di wilayah tersebut. Secara tidak langsung, data kependudukan dapat digunakan oleh pemerintah untuk memetakan suatu lokasi untuk mengambil suatu kebijakan tertentu.

Tujuan dan Manfaat Demografi

Dalam data kependudukan, tentunya ada tujuan dan manfaat untuk menggambarkan keadaan daerah dari sudut pandang pemerintah, sosial dan bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat dan rencana demografis.

  1. Untuk menggambarkan data suatu wilayah berdasarkan variabel tertentu.
  2. Untuk mendukung dan membuat keputusan untuk petahana.
  3. Untuk menjembatani gambaran wilayah melalui data yang disajikan.
  4. Sebagai sarana untuk menganalisa penjualan produk bagi pelaku usaha.
  5. Mengumpulkan data tentang orang-orang di daerah tertentu berdasarkan berbagai aspek seperti sosial, ekonomi, budaya dan sebagainya.
  6. Sebagai alat untuk menganalisis berdasarkan data yang faktual dan akurat sehingga diperoleh keputusan kebijakan bagi pengguna data tersebut.

Sifat data demografi adalah bahwa informasinya terus diperbarui sesuai dengan periode tertentu. Pemutakhiran data ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan data. Dan dengan mengoreksi data tersebut dapat diketahui apakah keputusan yang diambil dapat memberikan dampak positif atau tidak pada suatu daerah.

Demikian ulasan ilmuskripsi.com mengenai pengertian demografi dan tujuannya. Kami berharap kajian yang telah kami uraikan di atas dapat membantu kamu memahami apa itu demografi dalam bidang statistika.

Related Posts

Post a Comment