gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Emiten Adalah? Berikut Pengertian dan Contohnya

Post a Comment

Emiten Adalah? Berikut Pengertian dan Contohnya - Emiten adalah bahasa yang sering kita dengar dari dunia investasi khususnya investasi saham. Istilah ini sering digunakan untuk menyebut individu atau perusahaan yang menjual efek di pasar modal. Emiten juga dapat menawarkan surat berharga seperti surat berharga, obligasi, pengakuan utang, dan segala turunan dari surat berharga.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), emiten adalah badan usaha, dalam hal ini pemerintah, yang menerbitkan kertas berharga untuk dijual. Selain itu, keterangan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK menjelaskan bahwa emiten adalah pihak yang melakukan penawaran umum untuk menjual efek kepada masyarakat berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Jadi apa sebenarnya emiten itu? Disini kami akan mencoba mengulas apa itu emiten dan contohnya agar anda lebih memahaminya.

Definisi Emitien

Emiten adalah pihak yang melakukan penawaran umum dengan menjual efek kepada masyarakat, baik oleh perorangan maupun perusahaan. Setiap proses jual beli dilakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain digunakan dalam investasi saham, emiten dapat menawarkan surat berharga seperti obligasi, surat berharga komersial, kontrak berjangka, dan surat berharga lainnya. Emiten melakukan kinerjanya dengan memberikan perlindungan di pasar modal melalui saham, sukuk, dan perekat.

 

Contoh Emiten

Contoh emiten yang sering dikenal masyarakat adalah PT. Bank Rakyat Indonesia atau BRI dengan kode emiten BBRI di bursa. Selain itu, ada emiten lain yang sudah dikenal luas oleh masyarakat, seperti PT. Unilever dengan kode penerbit saham UNVR.

Selain dua contoh emiten di atas, emiten lain tercatat di bursa yang bisa dibeli masyarakat umum.

  1. Bank Central Asia (Bank BCA) dengan kode saham BBCA.
  2. Bank Negara Indonesia (Bank BNI) dengan kode saham BBNI.
  3. Bukalapak.com dengan kode stok OPEN.
  4. PT. Gudang Garam dengan kode stok GGRM.
  5. PT. Sido Muncul dengan kode stok SIDO.
  6. PT. Telkom Indonesia dengan kode saham TLKM.
  7. Ace Hardware Indonesia dengan kode saham ACES.
  8. PT. Garuda Food dengan kode stok BAIK.
  9. PT. Indofood dengan kode stok INDF.
  10. PT. Walikota dengan kode saham MYOR.

Dengan mengetahui berbagai emiten di atas, tentunya Anda akan mendapatkan gambaran bagaimana cara kerja emiten di bursa atau pasar modal. Dari beberapa emiten di atas, Anda bisa ikut ambil bagian di pasar modal dengan membeli dan memiliki saham di bawah target saham yang ingin Anda beli.

Untuk belajar dan berpartisipasi di pasar saham, dan ada banyak cara yang bisa Anda pelajari terutama dalam menganalisa saham melalui target emiten yang ingin Anda beli nantinya. Semakin terampil Anda menganalisis saham secara fundamental dan teknis, semakin banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan di pasar saham.

Penutup

Dengan memahami dasar-dasar dasar dunia investasi saham, khususnya mengenai pengertian emiten, Anda akan lebih percaya diri dan memahami seluk beluk dunia investasi yang ingin Anda pelajari.

Sekian artikel dari Ilmuskripsi yang berjudul Emiten Adalah? Berikut Pengertian dan Contohnya Semoga artikel yang kami ulas bermanfaat bagi yang sedang belajar dunia investasi.

Related Posts

Post a Comment