gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Devisa Adalah? Berikut Definisi dan Fungsinya

Post a Comment

Devisa adalah istilah ekonomi yang banyak digunakan untuk penerimaan negara dalam ekspor dan impor barang atau jasa. Dengan adanya devisa negara dapat memperoleh pendapatan melalui berbagai macam biaya pajak, sehingga hal ini menjadi nilai positif bagi pertumbuhan ekonomi internasional.

Melalui devisa juga dapat diukur perkembangan ekonomi suatu negara dengan banyak atau tidaknya kerjasama internasional dalam perdagangan sehingga dari hasil perdagangan tersebut dapat diperoleh banyak hal positif antara kedua negara yang saling menguntungkan.

Bagi yang ingin mengetahui apa itu valas dan jenis-jenis valas, pada artikel kali ini akan kami ulas secara singkat agar anda lebih memahami dari segi ekonomi tentang pengertian valas. Simak ulasan kami berikut ini.

Apa Itu Devisa? Devisa Adalah

Devisa adalah alat pembayaran yang digunakan oleh negara untuk melakukan pertukaran perdagangan antar negara dalam bentuk valuta asing atau mata uang asing. Alat tukar harus melewati standar dan pengakuan internasional, misalnya dolar Amerika Serikat.

Mata uang dolar Amerika Serikat digunakan sebagai alat pembayaran internasional karena sudah memiliki pengakuan di mata dunia internasional, sehingga dapat digunakan sebagai alat tukar dalam perdagangan internasional.

Mata uang suatu negara dapat dinilai berdasarkan hukum penawaran dan permintaan. Berdasarkan kondisi ekonomi, kebijakan pemerintah, dan kondisi ekonomi global, nilai mata uang dapat dengan cepat naik dan turun. Selain itu, mata uang suatu negara dapat dipatok berdasarkan uang negara lain, seperti dolar Amerika Serikat.

Mata uang perdagangan internasional harus dicatat di bank sentral, misalnya dolar Amerika Serikat. Selain itu, ada Yen Jepang yang juga bisa digunakan untuk berdagang dan lain-lain.

Fungsi Devisa Adalah

Menjadi sarana perdagangan dan alat pemasukan negara. Devisa memiliki tugas lain untuk suatu negara yang harus Anda ketahui. Berikut adalah fungsi devisa secara lengkap.

  1. Sebagai sarana pembiayaan barang impor ke dalam negeri, misalnya barang elektronik, produk dan barang rumah tangga lainnya,
  2. Sebagai sarana pembiayaan pendidikan untuk beasiswa luar negeri.
  3. Sebagai sarana perjalanan dinas yang berkaitan dengan tugas negara.
  4. Sebagai alat pemasukan negara melalui tenaga kerja.
  5. Sebagai sarana pembiayaan lembaga yang memberangkatkan ke luar negeri untuk berbagai keperluan.
  6. Sebagai sarana pendapatan melalui jalur pelayanan seperti pariwisata.

 

Sumber-Sumber Devisa

Ada berbagai jenis sumber pendapatan negara melalui devisa ini. Dari berbagai sumber devisa tersebut, kenaikan pajak dapat digunakan untuk mengelola pembangunan negara. Berikut ini adalah sumber devisa negara.

1# Pariwisata

Pariwisata merupakan sumber devisa yang sangat baik bagi penerimaan pajak negara. Di bidang pariwisata, devisa diperoleh dari jasa pariwisata yang ditawarkan ke negara-negara internasional. Selain itu, sektor pariwisata juga dapat merasakan pergerakan ekonomi masyarakat secara langsung.

2 # Ekspor

barang sektor ekspor. Negara melakukan penerimaan dari ekspor untuk mendukung perdagangan ekonomi terbuka, sehingga semakin banyak negara mengekspor barang, semakin banyak devisa yang didapat.

3# Bea Masuk/Impor

Sumber devisa lainnya adalah dari sektor impor atau bea masuk, dimana setiap barang yang masuk ke dalam negeri dalam jumlah besar akan dikenakan pajak bea masuk untuk setiap barangnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas produk dalam negeri

4# Jasa atau Layanan

Sumber devisa lainnya diperoleh dari sektor jasa yang sangat berpengaruh terhadap pendapatan negara. Contoh pendapatan dari sektor jasa adalah distribusi tenaga kerja ke negara-negara yang membutuhkan pendapatan untuk devisa negara.

 

Jenis-Jenis Devisa Adalah

Pertukaran memiliki beberapa jenis yang harus Anda ketahui. Berikut jenis-jenis valuta asing yang wajib Anda ketahui.

1. Divisa Umum

Devisa ini diperoleh dari negara lain yang mengekspor ke negara kita melalui kegiatan penyerahan jasa atau investasi, sehingga negara tidak perlu mengembalikan modal atau jasa ke negara pengekspor.

2. Devisa Kredit

Jenis devisa selanjutnya adalah devisa kredit, dimana sumber devisa ini berasal dari negara yang memberikan pinjaman kepada negara lain. Hal ini dapat terjadi karena suatu negara mengimpor barang untuk proses perdagangan atau memberikan pinjaman kepada bank dunia.

3. Devisa Kartal

Valuta Asing Card adalah jenis valuta asing berupa uang atau logam, jenis valuta asing ini harus memiliki pengakuan internasional sebagai alat tukar, sebagai

sudah kita ulas pada pembahasan sebelumnya contoh jenis valuta asing ini : nilai tukar terhadap dollar, yen, euro dll.

4. Devisa Giro

Giro adalah jenis valuta asing berupa surat berharga. Jenis valuta asing ini harus memiliki pengakuan dunia, seperti wesel, Special Drawing Rights (SDR), dll.

 

Penutup

Berbagai sumber devisa yang diuraikan di atas akan membantu dalam penerimaan pajak negara sehingga uang dari devisa tersebut dapat digunakan untuk membangun suatu negara.

Demikian ulasan kami tentang penjelasan devisa ini, semoga ulasan yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda. Ulasan kami tentang devisa di atas tentu akan menambah wawasan Anda tentang apa itu devisa dan fungsinya bagi pendapatan negara.

Related Posts

Post a Comment