gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Cara Shutdown Otomatis Komputer dan Laptop

Post a Comment

 Cara Shutdown Otomatis Komputer atau Laptop - Banyak pengguna komputer yang ingin melakukan berbagai cara secara tersistem untuk mengendalikan komputer atau laptop mereka salah satunya adalah cara melakukan shutdown otomatis dalam waktu tertentu. Hal ini disebabkan karena kadang ada pekerjaan yang harus lama kita tunggu dalam pemprosesannya salah satunya adalah melakukan upload video ke internet atau proses rendering video.

Pekerjaan diatas tentu membutuhkan waktu yang cukup lama dan kita harus menunggunya hingga selesai. Bila anda termasuk kedalam pengguna seperti yang disebutkan tentunya pernah bertanya – tanya bagaimanakah cara shutdown otomatis pada komputer sesuai dengan waktu yang kita inginkan?

Untuk memudahkan mematikan komputer bisa menggunakan cara shutdown secara otomatis pada komputer agar jika sudah selesai dalam pekerjaan dengan komputer kita tidak perlu repot harus mematikan secara manual. Simak ulasan kami dibawah ini untuk mengatahunya lebih lanjut.

 

Cara Shutdown Otomatis Komputer

Secara default, sistem operasi Windows hanya memiliki fitur untuk mematikan monitor, harddisk dan membuat timer standby yang bisa diakses pada menu Control Panel > Power Options.

Beberapa fitur diatas harus kita aktifkan sehingga dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. Untuk melakukan setting shutdown otomatis berikut adalah cara yang bisa anda ikuti.

Langkah pertama Klik kanan pada desktop komputer atau laptop anda New > Shortcut kemudian setelah muncul kotak dialog box ketikan perintah didalamnya shutdown.exe -s -f -t 18000 jika sudah selesai anda tinggal klik Next.

Cara Shutdown Otomatis Komputer dan Laptop

Keterangan:

  • shutdown.exe adalah nama file shortcut yang akan dibuat
  • s adalah perintah sistem untuk mematikan komputer (shutdown)
  • f adalah perintah sistem untuk memaksa komputer melakukan shutdown meskipun masih terdapat aplikasi yang sedang dibuka.
  • t adalah perintah sistem untuk satuan waktu
  • 18000 adalah durasi detik dalam hitungan mundur (Jika 1 menit = 60 detik, maka 60 detik x (60 menit x 5 jam) = 18000.

Setelah anda klik next diatas anda dapat memberikan nama shortcut terserah sesuai dengan selera anda yang mudah di ingat kemudian klik Finish untuk mengakhiri.

Untuk menjalankannya anda cukup Klik 2x pada file yang sudah anda simpan tadi, maka secara otomatis file akan melakukan perhitungan mundur untuk shutdown sesuai dengan aturan waktu yang sudah di setting sebelumnya.

Selain cara diatas banyak juga tools atau software yang bisa anda gunakan yang bisa anda download di internet salah satu tools yang bisa anda gunakan untuk shutdown otomatis komputer atau laptop adalah Auto Shutdown. Anda bisa mencari aplikasi tersebut di internet dan sudah banyak yang mengulasnya.

Demikian artikel ulasan ilmuskripsi mengenai cara shutdown otomatis komputer ini, semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Related Posts

Post a Comment