gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Cara Menambah Kapasitas Virtual Memori Pada Komputer

Post a Comment

Cara Menambah Kapasitas Virtual Memori Pada Komputer - Virtual Memori adalah memori virtual atau memori sekunder yang berfungsi mendukung penggunakan memori fisik (RAM) dengan cara memindahkan beberapa proses hitungan  (computing) yang tak dibutuhkan yang kemudian dijadikan sebuah file yang dikenal dengan swap file atau page file.

Tugas utama virtual memori adalah membuat agar semua proses yang sedang berjalan baik system maupun aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Keberadaan virtual memroi ini sangatlah penting untuk menunjang berbagai aktivitas proses pada komputer.

Cara Menambah Kapasitas Virtual Memori Pada Komputer

Oleh karena pentingnya fungsi dari virtual memori ini maka ada baiknya jika  anda meningkatkan kapasitas virtual memori tersebut terlebih bila anda sering menjalankan program-program berat atau membuka banyak file sekaligus.

Langkah Menambah Virtual Memori

Untuk lebih lengkapnya bagaimana trik untuk meningkatkan kapasitas virtual memori, anda bisa menyimak langkahnya di bawah ini .

  1. Klik Start Menu > Control Panel
  2. Setelah bagian Control Panel terbuka, klik bagian Advance
  3. Lalu klik Settings pada bagian Performance
  4. Maka akan terbuka jendela Performance Options. Klik pada tab Advanced
  5. Perhatikan pada bagian paling bawah yang bertuliskan Virtual Memory dan klik tombol Change yang berada disampingnya
  6. Centanglah pada tulisan ‘Custom Size’ dan isikan besaran memori sebesar 2x kapasitas memori RAM yang anda gunakan pada komputer anda saat ini. Misalkan komputer anda menggunakan RAM sebesar 2 GB, maka isikan 4 GB pada kedua kolom bagian ‘Initial Size (MB)’  dan ‘Maximum Size (MB)’
  7. Setelah selesai tekan Apply dan Ok, kemudian restart komputer anda.

Setelah anda melakukan restart pada komputer maka secara otomatis virtual memori akan bekerja ketika komputer dijalankan untuk melakukan pemprosesan program.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai cara meningkatkan kinerja virtual memori pada komputer, semoga ulasan kami bermanfaat buat anda.

Related Posts

Post a Comment