gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Apa Itu Investasi? Berikut Definisi Investasi dan Contohnya

Post a Comment

 Apa itu investasi? Banyak pertanyaan tentang investasi yang sering ditanyakan oleh orang-orang yang masih baru di dunia investasi. Wajar jika tidak banyak orang yang mengetahui tentang investasi, bagaimana investasi itu dilakukan beserta contoh investasi karena dunia investasi tidak semudah yang dibayangkan untuk melakukannya.

Secara sederhana, investasi yang dilakukan masyarakat merupakan investasi jangka panjang dan cenderung banyak dilakukan dengan berinvestasi properti, membeli tanah dan rumah. Namun jika dimaknai lebih luas, jenis investasi itu banyak sekali, dan tentunya masing-masing jenis tersebut memiliki teknik dan risiko tersendiri dalam menjalankannya.

Bagi Anda yang sedang belajar berinvestasi, kami akan mengulas apa itu investasi dan jenis investasi apa saja yang bisa dilakukan beserta contohnya yang akan kami sajikan untuk anda. Simak ulasan kami selengkapnya berikut ini.

 

Apa itu Investasi?

Investasi adalah kesediaan dan kesiapan seseorang untuk menyisihkan uang dengan nilai yang telah ditentukan untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Dengan demikian, dengan berinvestasi, orang tersebut ingin mendapatkan lebih banyak kekayaan dan berkembang di masa depan.

Selain itu, investasi juga dapat diartikan sebagai kondisi seseorang yang mengeluarkan modal uang dalam jangka panjang untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Dalam hal ini pihak yang melakukan investasi dapat disebut investor.

Jenis investasi yang dilakukan seseorang juga bervariasi; itu semua tergantung pada orang yang menginvestasikan apa yang ingin dia alokasikan ke uang yang mereka miliki. Di era modern ini, banyak sekali jenis investasi dan model bisnis yang ada. Oleh karena itu Anda harus tahu sebelum melangkah lebih jauh untuk berinvestasi.

 

Contoh Investasi

Setelah Anda memahami pengertian investasi, kami akan membahas apa saja contoh-contoh yang dapat Anda baca pada ulasan kami di bawah ini agar lebih mudah untuk Anda pahami.

Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Tentunya dari berbagai jenis investasi tersebut, Anda akan membutuhkan pengetahuan yang memadai untuk memulai agar investasi yang Anda lakukan tidak merugi. Berikut jenis-jenis investasi yang bisa Anda lakukan.

1# Investasi Emas

Investasi Investasi pertama yang pasti untuk jangka panjang dan banyak dilakukan orang adalah investasi emas. Jenis investasi ini merupakan jenis investasi yang tidak memerlukan keahlian khusus untuk mengelolanya. Anda membeli emas hari ini dan menjualnya dalam 10 atau 20 tahun, dan uang Anda akan terlindungi dari inflasi.

Untuk melakukan investasi emas zaman modern ini banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan berinvestasi emas melalui pegadaian tabungan emas dimana anda harus melakukan tabungan rutin setiap bulannya untuk membeli emas. Anda bisa mencoba investasi emas melalui pegadaian karena berbagai kemudahannya.

2# Investasi Saham

Investasi Investasi saham adalah investasi pada perusahaan efek yang tercatat di bursa efek. Untuk melakukan investasi ini, Anda harus memiliki keahlian menganalisis pasar saham.

Selain itu, Anda memiliki banyak jam terbang untuk mempelajari saham agar saham yang Anda beli tidak rugi. Selain menjanjikan keuntungan yang tinggi, berinvestasi saham juga memiliki resiko yang tinggi jika tidak diimbangi dengan dana dingin.

Untuk melakukan investasi saham ini, sebaiknya gunakan uang dingin atau uang yang tidak sedang digunakan agar Anda tidak mudah stres berinvestasi saham.

3# Investasi Properti

Investasi selanjutnya yang banyak dilakukan orang adalah investasi properti. Jenis investasi ini juga memiliki risiko yang rendah karena untuk melakukannya juga tidak perlu menggunakan keahlian khusus kecuali Anda menjadi agen properti.

Investasi properti bisa berupa tanah, rumah, apartemen, dll. Banyak juga yang berinvestasi properti berupa rumah kontrakan dan rumah kost untuk disewakan, sehingga mereka mendapatkan passive income bulanan dari uang sewa tersebut.

Bagi sebagian orang yang memiliki uang lebih untuk membeli rumah, banyak yang mengincar tempat dengan sistem kredit atau KPR. Hal ini dimaksudkan agar uang mereka dialokasikan dengan cara mencicil rumah setiap bulannya, kemudian rumah tersebut disewakan kepada orang lain.

4# Investasi Reksa Dana

Investasi adalah jenis investasi dengan sistem sumbangan dana dari beberapa orang untuk dikumpulkan, yang dikelola oleh manajer investasi. Investasi reksa dana ini memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan investasi saham karena yang mengelola dana kita adalah manajer investasi. Dimana pengelolanya profesional dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Berinvestasi di reksa dana ini relatif mudah, Anda harus melakukannya melalui berbagai macam platform aplikikasi, contohnya melalui aplikasi reksa dana seperti bibit atau ajaib. Anda dapat mencobanya melalui panduan dari masing-masing aplikasi yang kami sebutkan diatas.

5 # Investasi Deposito

Jenis investasi terakhir yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah sistem deposito. Dengan jenis investasi ini, Anda cukup menaruh uang di bank dalam waktu beberapa bulan hingga tahun lalu mengambil uangnya.

Keuntungan diambil dari bunga simpanan yang diberikan oleh bank yang menawarkan produk simpanan. Waktu minimum untuk investasi deposit biasanya tiga bulan, tetapi uang kita tidak dapat diambil dalam waktu tiga bulan. Dalam waktu tiga bulan, uang kita akan bertambah dari bunga deposito yang telah diberikan oleh bank.

 

Apa itu Investasi - Ringkasan

Setelah Anda mengetahui apa itu investasi, Anda ingin menentukan jenis investasi apa yang ingin Anda lakukan. Semua jenis investasi tentu memiliki tingkat risikonya masing-masing. Tinggal bagaimana Anda mengidentifikasinya untuk meminimalkan risiko itu.

Untuk melakukan berbagai jenis investasi diperlukan kesabaran dalam jangka panjang agar investasi yang Anda lakukan berbuah keuntungan di kemudian hari. Semoga artikel yang kami ulas tentang Apa Itu Investasi dan Contohnya ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Related Posts

Post a Comment