gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Apa itu Reksa Dana? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

Post a Comment

Apa itu reksa dana? Mungkin pertanyaan ini ditanyakan oleh banyak orang yang masih baru dalam dunia investasi. Banyak generasi milenial yang melirik berbagai instrumen investasi, salah satunya investasi reksa dana.

Berinvestasi sejak dini diharapkan dapat memberikan kesejahteraan di masa depan sehingga dapat menjamin kehidupan di hari tua untuk berbagai manfaat kebutuhan seseorang. Pada artikel ini, kita akan membahas reksa dana dan manfaat reksa dana untuk investasi di masa depan.

Apa itu Reksa Dana?

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang dapat memberikan keuntungan di masa depan. Secara tidak langsung, reksa dana memberikan bantuan permodalan kepada pengusaha yang dikelola oleh manajer investasi untuk meminimalkan dampak kerugian.

Sistem kerja reksa dana adalah menghimpun dana masyarakat untuk dihimpun kemudian diinvestasikan pada perusahaan dalam bentuk portofolio efek (saham) yang dikelola oleh manajer investasi. Melalui reksa dana, investasi juga lebih mudah karena pengelolaan dana dilakukan langsung oleh manajer investasi yang sudah memiliki pengalaman dan pengalaman yang tinggi.

Pengelolaan dana investasi juga diawasi langsung oleh pemerintah melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan) agar investasi yang dilakukan masyarakat tetap aman dan legal. Masyarakat dapat membeli reksa dana melalui berbagai platform aplikasi digital yang telah banyak beredar, seperti seed atau aplikasi sulap.

Manfaat Memiliki Reksa Dana

Setelah Anda memahami reksa dana, kita akan membahas keuntungan memiliki reksa dana. Reksa dana memberikan banyak keuntungan ketika mengelola dana dengan prosedur dan aturan yang berlaku. Berikut adalah keuntungan jika Anda memiliki reksa dana.

  1. Memiliki reksa dana memudahkan investor untuk berinvestasi di pasar modal tanpa harus memiliki keahlian khusus.
  2. Menggunakan reksa dana akan menghemat waktu karena Anda tidak perlu repot menganalisa saham secara langsung. Anda menyetor modal, dan manajer investasi akan mengelola semua analisis saham.
  3. Anda bisa memulainya dengan modal kecil. Anda tidak harus memiliki modal yang besar untuk menabung reksa dana. Anda melakukan tabungan rutin setiap minggu atau bulan dan mendapatkan hasilnya dalam jangka panjang.
  4. Risiko relatif kecil karena manajer investasi yang mengatur semuanya; dengan reksa dana, anda bisa meminimalisir resiko kerugian karena modal yang anda keluarkan tidak harus besar. Misalnya, jika Anda ingin membeli obligasi yang membutuhkan dana besar tetapi melalui reksa dana, Anda dapat membelinya dengan harga murah karena dana akan menunggu dikumpulkan dari anggota lain untuk membeli produk obligasi.

Selain manfaat di atas, masih banyak manfaat lain jika Anda berinvestasi melalui reksa dana. Anda dapat memilih semua keputusan sesuai dengan kemampuan Anda untuk memasuki pasar modal melalui reksa dana.

Risiko Reksa Dana

Seperti investasi lainnya, reksa dana juga memiliki risiko jika Anda berinvestasi di pasar modal dengan cara ini. Berikut jenis-jenis risiko dalam reksa dana untuk Anda ketahui.

  1. Risiko likuiditas adalah risiko yang dihadapi oleh manajer investasi jika sebagian besar pemegang unit penyertaan menjual unit yang dimilikinya. Manajer investasi akan kesulitan menyediakan uang tunai untuk dijual kembali.
  2. Risiko gagal bayar adalah ketika perusahaan asuransi memastikan reksa dana tidak segera membayar ganti rugi atau membayar kurang dari uang pertanggungan jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.
  3. Risiko penurunan unit adalah risiko penurunan nilai harga surat berharga seperti saham, obligasi, dan surat berharga lainnya.

Dari berbagai jenis risiko di atas, semuanya dapat diatasi dengan melakukan manajemen risiko reksa dana. Melakukan manajemen risiko akan meminimalkan risiko kerugian modal reksa dana.

 

Penutup

Demikian ulasan kami tentang apa itu reksa dana dan manfaat reksa dana untuk investasi. Bagi yang ingin memulai investasi reksa dana, Anda bisa memulainya dengan modal minim sambil belajar bagaimana mengembangkan reksa dana Anda.

Demikian ulasan yang kami berikan untuk Anda, semoga ulasan yang kami berikan mengenai pengertian reksa dana, dapat menambah wawasan Anda dalam dunia investasi.

Related Posts

Post a Comment