gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Tips Membeli Laptop Bekas Yang Harus Diperhatikan

Post a Comment

Tips Membeli Laptop Bekas Yang Harus Diperhatikan - Membeli laptop bekas merupakan hal yang penting jika kita memiliki budget yang terbatas. Dengan membeli laptop bekas bukan berarti laptop yang kita beli memiliki kualitas yang jelek. Banyak laptop bekas yang dijual dengan harga murah namun tetap memiliki kualitas seperti laptop baru.

Harga laptop bekas sendiri ditentukan berdasarkan spesifikasi laptop yang ingin dibeli, biasanya untuk membeli laptop bekas tersebut disesuaikan dengan budget atau uang yang dimiliki oleh pembeli. Untuk membeli laptop bekas dapat dilakukan baik di toko jual beli laptop ataupun bisa diapatkan melalui situs online seperti olex, facebook, shopee, tokopedia dan lain sebagainya.

Tips Membeli Laptop Bekas Yang Harus Diperhatikan

Untuk membeli laptop bekas sendiri bukan tanpa resiko, anda harus mengetahui beberapa tips untuk mengecek apakah laptop tersebut masih dalam kondisi bagus atau pernah mengalami kerusakan yang dialami. Bagi anda seorang awam tentu hal ini tidak mudah, maka dari itu kami akan memberikan tips bagaimana jika anda melakukan pembelian laptop bekas dan apa saja yang harus anda perharikan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips untuk membeli laptop bekas yang bisa anda perhatikan agar anda tidak salah dalam membelinya.

 

Tips Membeli Laptop Bekas

Banyak aspek yang harus diperhatikan dalam melakukan pembelian laptop bekas baik dari sisi hardware maupun software. Namun kami akan memberikan secara garis besar secara fisik yang harus anda perhatikan mengenai laptop bekas yang ingin anda beli tersebut. Simak ulasan dibawah ini.

1# Kondisi Fisik

Pastikan laptop yang ingin anda beli memiliki kondisi fisik yang masik bagus minimal diatas 75%. Dengan kondisi fisik yang bagus menandakan laptop tersebut dirawat oleh pemilik sebelumnya. Meskipun kondisi fisik tidak berpengaruh pada performa namun hal ini harus diperhatikan.

Anda bisa mengecek keadaan bodi laptop apakah terdapat retakan atau tidak, jika teradpat retakan menankan laptop tersebut pernah terjatuh atau tergencet dengan benda keras lainnya. Jika laptop pernah jatuh akan berpengaruh pada kondisi hardware didalamnya sehingga bisa mempengaruhi performanya suatu saat.

2# Tips Membeli Lapotp Bekas - Kondisi Layar LCD

Langkah kedua pastikan layar LCD dalam keadaan normal bisa menyala. Jika sudah menyala pastikan layarnya tidak terdapat ciri seperti terdapat garis-garis kerusakan ataupun dot pixel atau kerusakan piksel yang ditandai dengan titik-titik kecil putih.

Pastikan sudut sudut layar juga normal tidak ada layar yang rusak, biasanya pada sudut layar luput dari pemeriksaan dan diketahui setelah laptop dibawa pulang. Bila perlu rubah background laptop menjadi warna hitam untuk mengetahui apakah terdapat dot piksel atau tidak. Dengan merubah layar menjadi background hitam akan mudah dalam mengetahi posisi kerusakan ltitik ayar.

3# Tips Membeli Laptpo Bekas - Cek Kondisi Casing

Memeriksa kondisi casing ini sangtalah penting dilakukan dan menjadi salah satu hal utama yang harus anda perhatikan. Lihat kondisi casing apakah masing terpasang dengan rapat, perhatikan kondisi sambungan casing dan anda perlu menekan-nekannya dengan jempol tangan.

Jika terlihat tidak rapat dapat di indikasikan bahwa laptop tersebut pernah dibongkar. Tekan keseluruh bagian casing jika laptop belum pernah dibongkar tidak akan terdapat bunyi seperti baut yang kendor, sebaliknya jika pernah dibongkar maka akan terdapat bunyi casing yang kurang rapat dalam bautannya atau kendor casingnya.

 

4# Cek Keyboard dan TouchPad

Tips selanjutnya yang harus anda lakukan dalam membeli laptop bekas adalah anda harus mengecek kondisi keyboard apakah semua berfungsi atau tidak. Untuk melakukan pengecekan ini anda bisa melakukan secara manual dengan melakukan tes melalui notepad atau bisa juga anda melakukan cek melalui tes keyboard online.

Anda perlu menekan tombol keyboard satu-persatu untuk melakukan uji coba, pastikan tombol keyboard saat ditekan dalam kondisi normal dan nyaman. Tombol keyboard yang rusak biasanya saat ditekan dia tidak mau kembali secara fisik namun tetap berfungsi dengan baik.

Sebaliknya kadang ada juga tombol yang bagus secara fisik namun saat ditekan dia tidak mau menampilkan tulisan dilayar. Pastikan juga tauchpad pada laptop ferfungsi dengan melakukan geser cursor pada touhpad laptop yang anda cek tersebut.

5# Cek Kondisi Baterai Laptop

Kondisi baterai laptop sangat penting untuk di cek karena ini merupakan sumber daya pada laptop agar tetap menyala meski tidak di colokan ke listrik. Untuk kondisi laptop bekas kondisi baterai yang bagus adalah yang mampu memberikan daya selama kurang lebih 1 jam.

Pastikan saat awal mengecek anda melihat posisi baterai dalam kondisi terisi berapa persen, untuk mengeceknya anda bisa mengetes dengan menyalakan musik melalui youtube atau mp3 saat pertama melakukan pengecekan. Sehingga sistem akan bekerja meski secara ringan. Selain itu dengan menyalakan musik juga akan membantu mengets kondisi sound pada laptop yang anda cek.

Jika baterai hanya bertahan 10-15 menit sudah habis maka dapat di indikasikan bahwa baterai tersebut bocor dan anda perlu menggantinya dengan yang baru. Pastikan juga anda harus mengecek carger laptop untuk anda colokan apakah saat di colokan tersebut baterai terisi dalam keadaan baik atau tidak.

 

6# Pastikan Semua Driver Terinstal

Langkah selanjutnya dalam melakukan cek kondisi laptop bekas adalah anda harus pastikan semua driver terinstal, anda harus mengecek semua driver seperti driver sound untuk musik, driver touchpad, driver webcame (jika ada webcame), driver internet/wifi , driver VGA jika ada VGA tambahan dan lain sebagainya.

Jika ada beberapa fungsi laptop yang belum bisa contohnya seperti sound atau internet wifi anda perlu mengecek driver yang tersedia didalamnya untuk memastikan bahwa fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik.

Demikian ulasan ilmuskripsi mengenai tips membeli laptop bekas yang bisa anda terapkan, semoga tips ini bermanfaat buat anda yang ingin membeli laptop bekas dalam kondisi bagus.

Related Posts

Post a Comment