gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Apa Itu Reseller? Pengertian Dan Keuntungan Menjadi Reseller

Post a Comment

Apa itu reseller? Pertanyaan ini sering muncul bagi seseorang yang ingin memulai berbisnis online. Wajar jika Anda orang awam dan tidak tahu banyak kosa kata di dunia online. Selain reseller, istilah drop shipper juga ada di dunia online, jadi banyak istilah bahasa di dunia online yang harus kamu pelajari jika ingin terjun ke bisnis online.

Kami akan membahas ulasan tentang istilah reseller ini dalam bahasan yang lebih dalam tentang dunia reseller dan bagaimana Anda bisa menjadi reseller yang andal untuk memulai bisnis yang Anda geluti nantinya.

Lalu apa sebenarnya itu reseller, dan bagaimana cara menjadi reseller? Simak penjelasan kami secara detail di bawah ini.

 

Apa Itu Reseller?

Seperti diketahui, kata reseller berasal dari istilah bahasa Inggris dimana kata utamanya adalah seller yang berarti penjual, sedangkan kata re- diterjemahkan dengan kata repeat atau pengembalian. Jika digabungkan, kata reseller bisa diartikan sebagai penjual kembali.

Atau secara istilah bisa dikatakan reseller adalah penjual yang mendapatkan produk dari produsen barang untuk dijual kembali. Jadi secara tidak langsung, penjual produk menggunakan produk orang lain untuk menjual atas nama penjual tersebut.

Bisa juga disederhanakan arti reseller adalah seseorang yang menjual barang orang lain dengan melakukan stok barang. Lalu bagaimana cara kerja sistem reseller? Jawabannya adalah dengan mengambil margin keuntungan yang kita tetapkan untuk harga kita.

Misalnya, jika orang A mengambil barang dari orang B seharga 10.000 per item, maka orang A menjualnya kembali seharga 12.000 per item untuk mendapatkan keuntungan bersih 2.000 per item. Harga jual yang di patok seorang reseller sama dengan harga jual yang dijual oleh B sebagai produsen.

 

Cara Menjadi Reseller

Anda dapat memanfaatkan situs platform jualan online yang menyediakan berbagai macam produk yang Anda jual untuk menjadi reseller. Untuk menjadi reseller, Anda harus melakukan stock barang dan mencari produsen barang yang sesuai dengan barang yang ingin Anda jual.

Tentunya hal ini sama dengan jualan pada umumnya, yang berjualan secara konvensional dan membutuhkan dana untuk membeli produk yang akan dijual. Misalnya, jika Anda ingin menjual produk hijab, Anda harus mencari produsen yang membuat produk hijab tersebut. Biasanya banyak produsen hijab yang membuka sistem reseller di seluruh Indonesia.

Hal ini dapat Anda lakukan untuk memulai berjualan online melalui sistem reseller ini. Jika Anda mencari di Google dengan kata kunci "reseller hijab", Anda akan menemukan banyak produk hijab dengan website yang menawarkan sistem reseller bagi mereka yang ingin memulai bisnis reseller secara online.

 

Perbedaan Antara Pedagang Dengan Reseller

Perbedaan antara reseller dan pedagang adalah jika anda berjualan dengan sistem berdagang anda membeli atau kulakan barang dengan harga grosir yang lebih murah kemudian menjual barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi atau harga secara umum, sedangkan reseller menjual dengan harga yang sama dengan harga dari produsen barang.

Jadi disini terjadi kesepakatan antara reseller dengan produsen yang memproduksi barang bahwa jika ada konsumen yang membeli barang langsung dari produsen atau melalui reseller harga tetap sama. Inilah yang disebut kerjasama dalam berbisnis online sehingga produsen dan reseller diuntungkan.

Bagaimana Anda sampai di sini? Apakah Anda mengerti apa yang dimaksud dengan reseller? Tentunya sekarang Anda lebih memahami apa itu reseller dan bagaimana membedakan reseller dengan pedagang pada umumnya.

 

Apa Itu Reseller - Penutup

Demikian artikel kami tentang apa itu reseller dan bagaimana cara menjadi reseller yang bisa anda gunakan untuk bahan pembelajaran untuk memulai bisnis terutama bisnis online. Setelah Anda mengetahui apa itu reseller, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil tindakan untuk memulai bisnis online dengan produk yang Anda inginkan.

Tentunya semua tergantung Anda untuk memulai bisnis tersebut agar Anda mulai mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan terima kasih.

Related Posts

Post a Comment