gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Apa itu Influencer? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

Post a Comment

 Apa itu Influencer? Banyak yang pernah mendengar istilah influencer tetapi tidak mengerti apa yang dimaksud dengan influencer. Wajar jika Anda orang awam yang tidak berkecimpung di dunia digital karena istilah influencer sudah muncul sejak pesatnya dunia digital yang dijadikan sebagai model bisnis baru dalam marketing di era modern ini.

Kehadiran Influencer sangat berpengaruh dalam memainkan peran bisnis  dalam pemasaran digital. Hal ini terjadi karena seorang influencer memiliki jumlah pengikut yang banyak sehingga karakteristik dari pengikutnya dapat dipetakan dan menjadi ladang untuk melakukan event promosi bisnis di berbagai sektor.

Selain itu, hal positif dengan hadirnya seorang influencer adalah dapat mengedukasi masyarakat dari berbagai bidang sosial, ekonomi, dan budaya. Namun, seorang influencer tetap membutuhkan keseimbangan agar apa yang mereka lakukan tidak menyimpang dari jalur norma sosial, agama, dan budaya untuk menciptakan lingkungan media sosial yang kondusif.

Disini kita akan membahas lebih dalam apa itu influencer dan apa saja manfaat influencer dalam bisnis. Lihat ulasan kami di artikel Apa itu Influencer? Ini.

Apa itu Influencer?

Influencer adalah orang yang dapat memengaruhi audiens mereka. Dalam hal ini, seseorang dapat dikatakan sebagai influencer jika orang tersebut memiliki wadah atau media dengan kapasitas besar yang dapat digunakan untuk memberikan dampak positif di berbagai bidang yang dibutuhkan.

Pengaruh di sini bisa masuk berbagai jenis, seperti bisnis, sosial, agama, budaya, dll. Ada banyak cara untuk menjadi seorang influencer, tetapi umumnya seorang influencer menggunakan platform media sosial untuk mencari pengikut dari segmen target mereka.

Contoh platform yang banyak digunakan oleh seorang influencer adalah blog, Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, youtube, dan lain sebagainya. Biasanya seorang influencer memiliki beberapa akun media sosial yang memiliki jumlah followers atau pengikut yang berbeda-beda untuk setiap akunnya.

Bagaimana Anda sekarang mulai memahami apa yang dimaksud dengan influencer?

Manfaat Influencer untuk Bisnis

Jika seseorang menjadi influencer, ada banyak keuntungan, terutama keuntungan menjalankan bisnis. Seorang influencer dapat mempromosikan suatu perusahaan sesuai dengan kebutuhan, sehingga target yang telah ditentukan memperoleh penjualan produk tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat influencer untuk bisnis.

1# Membangun Kepercayaan Perusahaan

Dengan adanya influencer, kepercayaan konsumen terhadap produk akan meningkat karena seorang influencer juga membawa nama baik, dan followers sudah mengetahui karakter dan kehidupan seorang influencer dengan sangat baik.

Misalnya, jika seorang influencer terkenal mempromosikan suatu produk kosmetik, dampaknya akan positif karena audiens akan percaya dan percaya bahwa produk tersebut tidak palsu atau palsu. Secara tidak langsung, seorang influencer juga akan memilih produk mana yang bisa mereka promosikan atau tidak. Di sinilah fungsi seorang influencer untuk meyakinkan masyarakat akan produk yang dijual.

2# Meningkatkan Penjualan Produk

Manfaat utama seorang influencer untuk bisnis adalah dapat meningkatkan penjualan produk dan jasa yang dimiliki perusahaan. Banyak influencer bekerja dengan berbagai bidang perusahaan untuk meninjau produk perusahaan.

Hasil review yang dilakukan oleh seorang influencer tentunya akan berdampak pada brand awareness suatu produk, dan otomatis penjualan juga akan meningkat. Di sinilah fungsi utama seorang influencer dapat mempengaruhi audiensnya.

3# Dapat Mingkatkan Kesadaran Merek

Seorang influencer juga dapat meningkatkan brand awareness suatu produk agar lebih dikenal konsumen. Dengan seringnya promosi produk oleh seorang influencer, produk akan lebih dipahami dan dibicarakan oleh banyak orang. Dengan demikian produk akan lebih diingat di benak audiens, dalam hal ini followers seorang influencer.

Banyak influencer terikat kontrak pada produk tertentu untuk meningkatkan brand awareness produk dan perusahaan sehingga secara tidak langsung akan menciptakan penjualan produk dengan brand yang lebih kuat di benak konsumen.

4# Membangun Komunikasi Produk dengan audiens

Manfaat lain dari memiliki influencer untuk bisnis adalah membangun jembatan komunikasi antar perusahaan melalui produk yang dijual kepada khalayak atau secara tidak langsung oleh konsumen yang membeli produk tersebut.

Tentunya audiens yang melihat produk yang ditawarkan oleh seorang influencer akan memberikan respon berupa like dan komentar terhadap produk yang mereka promosikan. Komentar yang disampaikan sangat beragam, mulai dari pertanyaan seputar produk hingga kualitas, kritik, dan saran untuk produk tersebut.

Dengan demikian, dari berbagai komentar dari audiens, perusahaan akan dapat menilai dan menanggapi layanan dan kualitas produk untuk lebih ditingkatkan. Di sinilah peran penting influencer adalah mengelola audiens mereka.

 

Apa itu Influencer - Penutup

Setelah kita mengulas tentang penjelasan apa itu influencer dan manfaat memiliki influencer untuk bisnis, saatnya kita menutup artikel yang kita pelajari ini. Intinya, influencer adalah orang yang bisa memberikan dampak positif bagi pengikutnya.

Dari penjelasan kami di atas, Anda akan lebih memahami tentang influencer dan bagaimana mereka bekerja dalam menjalankan bisnis. Secara tidak langsung, seorang influencer juga bisa dikatakan sebagai bagian dari orang yang melakukan promosi melalui digital marketing.

 

Related Posts

Post a Comment