gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Berita Teknologi

Tips Cara Membuat Password Anti Pembobolan Hacker

Post a Comment

Melakukan proteksi keamanan melalui password sangatlah penting untuk dilakukan terutama jika kita sering melakukan aktivitas di internet baik untuk hobi maupun pekerjaaan. Membuat sebuah keamanan password banyak kita lakukan jika ingin melakukan pendafaran akun di sebuah situs.

Pendaftaran akun ini bisa berupa akun email, sosial media seperti facebook, instagram, tiktok dan akun marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia dan lain sebagainya. Memiliki password yang aman dan kuat memang sebuah keharusan, kombinasi angka karakter dan huruf sangat penting dalam membuat password yang kuat.

Tips Cara Membuat Password Anti Pembobolan Hacker

Tujuannya adalah agar password di akun yang kita miliki tidak mudah ditebak orang lain dan bisa di bobol oleh orang tidak bertanggung jawab dengan tujuan mencuri informasi dan menyalahgunakan akun yang kita miliki.

Ada beberapa cara seorang hacker dalam membobol password sebuah akun, berikut beberapa trik seorang hacker dalam mencuri password akun yang orang lain miliki.

Cara Hacker Membobol Password

  • Cookies / Caches : yaitu teknik membobol password dengan memanfaatkan bantuan caches atau cookies yang tersimpan dalam history pada browser anda.
  • Keylogger Attack : yaitu trik membobol password dengan menggunakan semacam software spyware yang terinstal didalam komputer secara tersembunyi. Cara ini biasanya tidak diketahui target bahwa pc mereka telah di pantau seorang hacker dan hacker dapat membaca aktivitas pengetikan username / password pada keyboard anda.
  • Dictionary Attack: cara ini digunakan untuk membobol password dengan target kata kunci yang terdapat pada kamus bahasa. Sehingga hacker tersebut menebak password seseorang dengan mencoba beribu kata yang tersimpan dalam akun tersebut baik kombinasi angka huruf maupun karakter. Cara ini membutuhkan tools untuk melakukan tebak password sesuai dengan target yang dituju.
  • Personal Information Attack: cara membobol password ini dilakukan dengan cara menebak password target dengan memanfaatkan data atau informasi pribadi orang yang bersangkutan seperti nama saudara, kode pos, nomor kendaraan, tanggal lahir, nomor telepon, alamat dan lainnya
  • Brute Force Attack: dengan menggunakan script khusus yang dibuat untuk memasukkan puluhan hingga ratusan password secara acak dalam hitungan detik. Dimulai dari A hingga Z. Atau AAA hingga ZZZ. Tool akan bekerja secara otomatis untuk memberikan rekomendasi password sehingga bisa dicoba oleh seorang hacker tersebut.

Password yang Mudah di Bobol

Selain itu ada beberapa passwrod yang mudah di bobol oleh seorang hacker, password tersebut adalah password secara global yang sering digunakan oleh seseorang secara umum contohnya adalah sebagai berikut ini.

  1. Informasi pribadi seperti tanggal lahir, nama , alamat yang berhubungan dengan pengguna.
  2. Nama Username, mypassword, password atau kata-kata yang terdapat didalam kamus bahasa sandi.
  3. 12345, abcde, asdf, qwerty. Kata-kata tersebut adalah password standar yang umumnya diketikkan oleh pengguna karena mengikuti pola yang terdapat dalam keyboard komputer atau laptop.
  4. Penggunaan semua huruf kecil
  5. Penggunaan karakter pengganti huruf seperti s4lma , int4n, bud1, 3ko dan lainnya
  6. Penggunaan kombinasi angka dan huruf seperti agus123, juragan99, junaidi321,  passwordku123 dan lainnya

 Tips Membuat Password yang Sulit Ditembus oleh Hacker

  1. Gunakan penggabungan dari huruf kecil, besar, simbol karakter dan no.
  2. Usahakan jumlah karakter  dalam password yang anda buat lebih dari 8 karakter kombinasi huruf besar kecil, angka dan tanda baca.
  3. Gunakan password yang rumit dan tidak mudah dibaca sebagai manusia. Contohnya seperti *!@#$124man&
  4. Dengan menggunakan contoh password diatas membuat hacker sangat kesulitan mekipun mereka menggunakan tools pencari generator password.

Anda harus mengingat password tersebut karena hanya anda yang tahu jika tidak anda bisa mencatatnya dalam kertas dan anda sembunyikan dalam lokasi tertentu, namun cara ini harus tetap diwaspadai karena bisa saja ditemukan oleh orang lain. Untuk itu kami akan memberikan tips bagaimana cara membuat password yang sulit namun mudah dalam mengingatnya di pembahasan dibawah ini.

 

Contoh Membuat Password yang Sulit dan Mudah di Ingat

Ada beberapa trik membuat password yang susah namun tetap mudah mengingatnya, kami akan memberikan beberapa contoh agar anda bisa membuat password yang sulit tetapi bisa mengingatnya, berikut adalah contoh yang bisa anda ikuti.

Contoh 1:  1InG!n$10000d!banK#

Maka kurang lebih dapat anda hafal seperti berikut:

- 1 = I (artinya ‘saya’ dalam bahasa inggris)

- InG!n = ingin

$10000 = sepuluh ribu dollar

d! = di

banK = bank

# = simbol unik pada akhiran

 

Contoh 2: R1n4>>>C4Nt!I<*

R1n4 = Nama keluarga, teman atau pacar anda

>>> = Panah yang menunjukkan

C4Nt!I<* = Cantik

Sekian tips dan trik kami mengenai Cara Membuat Password Anti Pembobolan Hacker yang bisa anda praktekan, smeoga artikel ini bermanfaat buat anda, selamat mencoba !

Related Posts

Post a Comment