gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Berita Teknologi

Sejarah Perkembangan Internet

Post a Comment

 Internet pertama kali dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerikat sebagai dampak dari “kekalahan” Amerika Serikat atas Russia dalam hal teknologi dan pertahanan.

Untuk mengimbangi “kekalahan” tersebut, maka dibentuklah ARPA (Advanced Research Projects Agency) yang kemudian diperjelas visi misinya oleh J.C.R. Licklider agar setiap jaringan dapat terhubung satu sama lainnya untuk keperluan komunikasi data. Pada tahun 1962 ide tersebut dikembangkan melalui riset oleh RAND Corporation.

Sejarah Perkembangan Internet

Perkembangan Teknologi Internet

Tahun – tahun pertama ARPANET dikembangkan (1969), jaringan yang dihubungkan hanya 4 saja, antara lain; University of California, University of Utah, Stanford Research dan Santa Barbara University. Diperkenalkan pada bulan Oktober tahun 1972 yang mana kemudian disambut oleh universitas-universitas lainnya yang menyatakan ketertarikannya terhadap proyek ini serta keinginan mereka untuk bergabung.

Oleh Karena hal ini, maka ARPANET kemudia dibagi menjadi 2 macam; untuk keperluan Militer (MILNET) dan non-militer (ARPANET) yang ditujukan untuk universitas-universitas. Kedua jaringan tersebut kemudian dikenal dengan DARPANET sebelum akhirnya menjadi INTERNET seperti yang kita kenal hingga saat ini.

 

Lahirnya Email

Program dan istilah e-mail sendiri berserta ikon “@”, pertama kali dikembangkan dan disempurnakan oleh Ray Tomlinson pada taun 1970-1971. Dua tahun berselang, internet mulai dikembangkan keluar Amerika. Pada tahun yang sama 2 orang ahli yang bernama Bob Kahn & Vinton Cerf mengembangkan gagasan yang lebih besar dengan pemikirannya untuk mengembangkan jaringan internet untuk lebih meluas lagi.

Dan pemikirannya inilah yang kemudian menjadi cikal bakal internet hingga saat ini. Pada tahun yang sama, melalui upaya Bob Kahn & Vinton Cerf, jaringan internet telah dapat terhubung dalam jumlah 100 dalam sebuah jaringan/network.

 

Lahirnya TCP IP

Seiring dengan berjalannnya waktu, dimana jaringan semakin banyak, maka disadari bahwa diperlukan suatu protokol (TCP / IP yang kita kenal sekarang). Sehingga dibangun lah Transmission Control Protocol pada tahun 1982. Pada masa yang hampir bersamaan juga berkembang jaringan komputer yang hampir serupa dengan internet, dikenal dengan nama “Eunet” yang jaringannya mencakup; Swedia, Belanda, Swedia dan Inggris.

Pada perkembangan berikutnya, untuk menyeragamkan sistem jaringan dan alamat jaringan yang jumlahnya semakin banyak, maka sistem nama domain pertama kali dikembangkan pada tahun 1984. Pada saat itu jumlah komputer yang terhubung dengan jaringan yang ada saat itu telah mencapai +1000. 3 tahun berselang, jumlah tersebut meningkat hingga 10x lipat dari 3tahun sebelumnya, mencapai +10.000

 

Internet Modern

Titik bersejarah internet modern dimulai pada tahun 1990 pada saat Tim Berners Lee menciptakan program browser pertama untuk menjelajah internet melalui komputer satu dengan yang lainnya. 2 tahun berikutnya, jaringan komputer yang saling terhubung telah mencapai 1000.000 komputer diseluruh dunia dimana perusahaan raksasa Yahoo! Pertama kali didirikan bersamaan dengan istilah “surfing”

Sedangkan raksasa internet Google baru didirikan pada tahun 1998 oleh Google didirikan oleh 2 orang mahasiswa Stanford University; Larry Page dan Sergey Brin.

- Infomasi dikutip dari berbagai sumber -

Related Posts

Post a Comment