gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

7 Pekerjaan di Industri Esports selain menjadi Pro Player

Post a Comment

Banyak pekerjaan yang bisa di manfaatkan jika berbicara mengenai pekerjaan di dunia esports, Salah satunya adalah menjadi pro.  Mereka-mereka ini adalah segelintir kecil orang yang beruntung untuk memiliki kemampuan beraksi di panggung esports.

7 Pekerjaan di Industri Esports selain menjadi Pro Player

Tapi berkarir di industri esports tidak selalu soal menjadi pro player loh. Ada banyak kriteria pekerjaan lainnya yang butuh kemampuan berbeda selain pandai bermain game. Apa saja pilihan karir yang bisa kamu tekuni di esports yang terus bertumbuh ini? inilah 7 opsinya.

Daftar 7 Pekerjaan selain Pro Player di Industri Esports

1#  Graphic Designer Esports

Di dunia esports sudah pasti kita akan lekat dengan konten-konten digital yang memberikan visual dan audio menarik. Salah satu pekerjaan utamanya adalah membuat konsep untuk sosial media yang informatif,responsif dan menarik untuk para fans.

Saking banyaknya permintaan design sosmed untuk keperluan esports, banyak lowongan yang di buka untuk mencari seorang designer berpengalaman. Keuntungannya, persaingan di bidang ini belum ramai karena kemampuan seorang designer terbilang unik, terutama untuk designer yang memiliki ciri khas design. Untuk urusan pendapatan, sudah bukan rahasia lagi kalau gaji seorang designer grafis ataupun video kreator sangat memuaskan meskipun tekanan kerja sering mendesak.

 

2# Content Creator

Pembuat konten tidak hanya datang dari designer , tapi juga jurnalis , fotografer , videographer dan juga streamer. Jalur ini bisa kamu jalani secara mandiri atau join dengan perusahaan yang bergerak di industri esports. Sobat esports bisa mencoba melamar ke industri game yang memiliki spesialisasi dalam esports dan menjadi jurnalis di sana. Konten yang kamu buat boleh berbentuk artikel , video ataupun liputan di berbagai event.

Kalian juga boleh menjadi streamer dengan modal smartphone atau perangkat komputer sederhana. Walaupun butuh waktu, kalian harus bisa menemukan karakter dan cara pembawaan yang menarik biar konten kalian bisa disukai oleh penonton. Yang terpenting adalah kalian harus bisa melakukan interaksi yang baik dengan para penonton kalian siapapun mereka, ajak mabar setiap ada kesempatan dan bisa sudah menghasilkan walaupun sedikit , jangan lupa berbagi pada viewers kalian yah!

 

3# Event Organizer - Event Esports

Banyaknya event-event esports dalam beberapa tahun belakangan ini yang membuat EO-EO kewalahan menerima kerjaan. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kalian yang senang bekerja dalam tim dan memiliki koordinasi yang baik. Ada banyak bagian pekerjaan yang mungkin sesuai dengan preferensi kerjamu, bisa jadi seksi dokumentasi, logistik, tata panggung, liaison officer atau  bagian konsep acara.

EO berkaitan dengan banyak sekali investasi, dan pekerjaan ini butuh pekerja dengan sikap tanggung jawab yang besar supaya acara lancar dan bisa berjalan sesuai rencana. Satu lagi atribut yang penting dari bekerja sebagai EO adalah mental baja, karena jobdesk pekerjaan ini sangat melelahkan, memakan waktu hingga gangguan teknis yang juga mengharuskan kita beradaptasi instant dengan situasi dan juga tidak panik.

 

4# Manajer Tim

Salah satu jenis pekerjaan dunia esports yang paling menyenangkan tapi juga ribet mungkin adalah menjadi manajer tim esports. Kalian jadi memiliki kesempatan untuk hidup berdampingan dengan para atlet esports idola kalian, mengatur jadwal aktivitas mereka sambil mempelajari karakter anggota tim satu persatu, karena kalian adalah sosok yang harus bertanggung jawab mengarahkan sikap profesionalisme mereka.

Jika sudah seperti itu tentunya kalian membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik, membangun relasi sebanyak mungkin juga berani untuk menerapkan sikap disiplin. Apalagi, atlet-atlet esports tidak jarang memiliki ego dan juga sikap membangkang, jadi kalian harus sabar-sabar menghadapi mereka.

 

5# Caster pertandingan esports

Jika kalian merasa tak memiliki kemampuan memadai dalam bermain game esports, tetapi memiliki kemampuan berpikir cukup tajam. Mungkin profesi menjadi caster bisa kamu coba jalankan. Pekerjaan ini bisa kalian coba lakukan secara mandiri seperti streamer, jadikan aktivitas komentator kamu rutin, selanjutnya tinggal direkam dan diupload ke akun sosial mediamu. Kalau beruntung siapa tahu agensi-agensi talent akan melirik dan menjadikanmu seorang caster profesional. Yang jelas tidak ada salahnya kamu melatih kemampuan mu dalam bermain game,walau karirmu nantinya bukanlah sebagai pemain.

 

6# Pelatih tim esports

Untuk menjadi pelatih tim esports, kamu harus memiliki reputasi sebagai pemain dahulu atau sudah di kenal oleh orang-orang tertentu. Menjadi pelatih tim esports berbeda sekali dengan pelatih di olahraga konvensional. Pelatih di esports lebih fokus dalam masalah teknis seperti pengembangan strategi dan persiapan tim menjelang turnamen. Pelatih juga harus memiliki kemampuan dalam menganalisa, mengetahui kelemahan dan kelebihan timnya dan juga merancang taktik yang tepat untuk melawan tim tertentu.

Pengalamanmu akan jadi modal paling berharga untuk menjadi pelatih esports, tentunya kamu juga harus memiliki kemampuan bermain yang meyakinkan supaya anggota tim percaya dengan kemampuan melatihmu.

7# Influencer Esport

Sangat mirip sekali dengan content creator. Influencer juga dituntut kreativitasnya untuk memperkenalkan suatu produk dan membawanya untuk lebih dekat lagi ke komunitas. Kamu juga harus dikenal oleh masyarakat khususnya di dunia sosial media.

Walau terlihat mudah dan juga hanya bermodalkan penampilan, menjadi influencer memiliki banyak kesulitan dan juga tekanan. Sobat Dunia Esports yang tidak memiliki rasa percaya diri tinggi, kurang pandai dalam berkomunikasi dan juga tidak ramah ke orang lain dijamin akan kesulitan menjalani pekerjaan ini.

Baca juga Apa itu Influencer ? Berikut penjelasan lengkapnya

Nah itulah tadi beberapa pekerjaan yang bisa di rintis dalam dunia esports. Kalian bisa coba memberitahukan orangtua kalian kalau karir di industri esports itu luas dan siapa tahu masa depan kalian ternyata ada di sana. Mau coba memulai karir di dunia esports?

Related Posts

Post a Comment