gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JUDUL : Pengaruh Game Berbasis Coding Terhadap Keberlanjutan Minat Belajar Programming Siswa di Batam, Indonesia

Post a comment

JUDUL : Pengaruh Game Berbasis Coding Terhadap Keberlanjutan Minat Belajar Programming Siswa di Batam, Indonesia


 ABSTRAK 

Perkembangan teknologi informasi sudah bukan cerita yang baru lagi, perkembangan minat pelajar terhadap program studi Ilmu Komputer pun terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sejak 1980 data statistik Amerika Serikat menunjukkan adanya peningkatan masif pada pendaftaran siswa pada bidang studi Ilmu Komputer. Namun peningkatan tersebut tidak didorong metode pembelajaran yang efektif, sehingga sejumlah pelajar kala itu gagal melanjutkan pembelajarannya ke tahap lanjut. Menghadapi fenomena ini, peneliti berbondong-bondong mencari metode pembelajaran yang efektif, dan menemukan bahwa bermain game berbasis coding dapat meningkatkan minat belajar pemrograman. Metode ini akhirnya banyak dipraktekkan hingga kini. Pelajar Ilmu Komputer, khususnya pemrograman di Kota Batam sebagai target penelitian merupakan penghuni salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan negara Singapura dan Malaysia. Dengan segala keunikan dan kesempatan untuk “mencicipi” permainan dari negara maju seperti Singapura, apakah metode pembelajaran berbasis coding games masih akan efektif? Hasil penelitian penulis membuktikan bahwa kepuasan bermain dan kebergunaan suatu permainan secara signifik memengaruhi kepuasan pemain, kemudian keberlanjutan minat belajar juga dipengaruhi secara signifik oleh kepuasan. 

Kata Kunci: Pemrograman, Permainan, Minat Belajar


PENDAHULUAN 

Ilmu komputer merupakan salah satu ilmu yang berkembang pesat saat ini. Perkembangan teknologi yang demikian pesat telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kehidupan dan kemajuan peradaban umat manusia (1). Salah satu negara yang merasakan dampak dari lajunya perkembangan teknologi dan ilmunya tidak lain adalah Indonesia. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan ilmu komputer, berbagai badan usaha krusial di Indonesia dapat meningkatkan efisiensi proses bisnisnya. Misalnya, PT Bank Rakyat Indonesia sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah menggunakan sistem informasi untuk menunjang kegiatan bisnisnya (2). 

Perkembangan ilmu komputer yang begitu pesatnya tentu tidak lepas dari pembelajaran dan penelitian yang dilakukan secara terus menerus. Amerika Serikat sebagai Negara Adidaya dan sumber dari pelbagai ilmu komputer merupakan negara yang merasakan peningkatan signifik dalam angka pendaftaran pembelajaran program studi Ilmu Komputer (Computer Science) (3). 

Meningkatnya minat pelajar terhadap program studi Ilmu Komputer sangatlah dipengaruhi oleh kebutuhan dunia terhadapnya. Menurut penelitian, volume besar data digital dihasilkan secara terus menerus dari jutaan perangkat dan aplikasi. Per tahun 2012 saja, diperkirakan sekitar 2,5 exabytes dihasilkan setiap harinya (4). Semakin besarnya data tentu memerlukan sumber daya manusia dan sistem yang handal untuk menanganinya. Biro Ketenagakerjaan Amerika Serikat menunjukkan data bahwa sejak 1990 angka tenaga kerja yang memerlukan keterampilan komputasi semakin bergerak dengan kecenderungan kemiringan ke atas, yang artinya semakin meningkat. Dengan tren seperti ini, tentu minat pelajar terhadap pembelajaran Ilmu Komputer terus meningkat (3).

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

JUDUL : Pengaruh Game Berbasis Coding Terhadap Keberlanjutan Minat Belajar Programming Siswa di Batam, Indonesia


Kata Kunci : Coding, Game, Jurnal Sistem Pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi 

Related Posts

Post a comment