gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Membuat Import Data Excel PHP - Mysqli dengan Logika Kondisi Tertentu

9 comments

Halo sobat ilmu skripsi lama saya tidak upload artikel karena kesibukan pekerjaan, oke langsung saja ya. pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana melakukan import data dengan PHP dan database mysql. 

Import data pada umumnya dibutuhkan untuk menginput data yang berjumlah banyak, sehingga akan sangat lama jika dilakukan penginputan data secara manual / satu persatu. Maka dari itu dibutuhkan import data dan bisanya import data dilakukan dengan menggunakan file excel.

Mau bikin website atau sistem berbasis web ? order saja ke jasa pembuatan website murah.

oke langsung saja langkah apa saja yang harus dilakukan, mari simak penjelasan dibawah ini ya sobat.

untuk contoh kasus pada kali ini saya akan membuat contoh kasus import data produk, dan ada beberapa file yang harus dibuat diantaranya bisa anda lihat dibawah ini.

Baca juga Affiliate Shopee Cara Daftar dan Dapatkan Keuntungannya

1. file koneksi.php

2. file index.php

3. file import.php

4. file proses-upload.php

5. file download.php

6. file hapus.php


Dari file-file di datas nanti akan saya ulas satu persatu langkah-langkah implementasinya kedalam bentuk koding PHP-Mysqli.

Sebelumnya kita membutuhkan beberapa file yang harus sobat semua download, untuk kebutuhan import data ini seperti file database sql, template excel untuk import data, dan file excel reader yang berfungsi sebagai librari untuk proses import data, sobat semua bisa download filenya dibawah ini.


database sql klik disini

template excel klik disini

excel reader klik disini


Setelah sobat semua download semua file diatas selanjutnya sobat bikin folder didalam folder htdoct dengan nama importdata atau boleh dengan nama lainnya sesuai dengan keinginan sobat semua.

Pindahkan file excel_reader2.php yang sudah di download kedalam folder importdata dan kemudian di dalam folder importdata selanjutnya bikin folder uploadexcel, dan pindahkan file template excel yang bernama dataimport.xls yang sudah di download tadi kedalam folder tersebut.

Baca juga Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube Bagi Pemula

Langkah selanjutnya adalah mengimport database sql yang sudah sobat download pada link diatas, untuk proses import database caranya mudah. Buka alamat localhost/phpmyadmin dan buat database baru dengan nama sesuai dengan database sql yang di download tadi. 

Mau bikin website atau sistem berbasis web ? order saja ke jasa pembuatan website murah.

Dalam nama database tersebut isikan dengan nama "contoh_importdata" kemudian klik create. Langkah selanjutnya sobat tinggal melakukan proses import data dengan mengambil file sql yang sudah didownload tadi.

Berikut ada hasil database jika sudah selesai diimport, didalamnya terdapat tabel mproduk yang nantinya akan kita gunakan untuk penyimpanan data import produk


Membuat Import Data Excel PHP - Mysqli dengan Logika Kondisi Tertentu


Langkah selanjutnya kita akan membuat file koneksi kedatabase, sobat semuanya bisa menyimpan file nya dengan nama koneksi.php . berikut ada file koneksi.php


koneksi.php


Langkah selanjutnya kita membuat file index.php , dimana didalam file index nantinya akan berfungsi untuk menampilkan halaman data produk yang di import.

Berikut ini adalah kode dari file index.php

index.php


Setelah kita melakuan pengkodingan file index.php tahapan selanjutnya kita membuat file import.php , didalam file import ini nantinya proses import data file excel akan dilakukan, berikut adalah kode dari file import.php


import.php


Setelah file import.php selesai kita implementasikan kedalam koding selanjutnya adalah membuat proses upload data, pada file kali ini kita beri nama proses-upload.php, untuk implementasi kodingnya anda bisa melihatnya dibawah ini.


proses-upload.php



Inti dari proses upload data dengan excel ini adalah pada file diatas dimana fungsi logika kita masukan pada file proses-upload.php.

Ketentuan logika dengan kondisi yang kita buat yaitu

  1. Jika didalam tabel mproduk belum ada data dengan kode produk yang berada dalam file excel, maka sistem akan menginputkan data baru.
  2. Jika status didalam tabel mproduk sudah ada kode produk yang tersimpan dan sama dengan kode produk didalam file excel maka sistem akan mengupdate, dengan kata lain. Data yang lama tidak terhapus akantetapi terupdate sesuai dengan kode produk yang sama.
  3. Jika didalam file excel ada kode produk yang belum terisi/kosong maka proses import akan gagal.
Untuk keterangan kode program diatas sobat bisa baca langsung di file yang sudah saya kasih komentar pada script diatas.

Untuk tahap selanjutnya adalah membuat file download.php dan hapus.php , untuk filenya sobat bisa lihat pada kodingan dibawah ini.

download.php



hapus.php



Pada file download.php berfungsi untuk mendownload template excel yang nantinya akan kita isi data produk yang akan kita import. Sedangkan pada file hapus.php berfungsi untuk mengosongkan data dalam tabel mproduk yang kita buat.

Setelah semuanya selesai kita implementasikan kedalam bentuk koding selanjutnya sobat tinggal mencoba kedalam browser dengan mengakses url localhost/importdata.

Dan berikut adalah tampilan dari hasil kodingan diatas.

Membuat Import Data Excel PHP - Mysqli dengan Logika Kondisi Tertentu
Tampilan file index.php


Membuat Import Data Excel PHP - Mysqli dengan Logika Kondisi Tertentu
tampilan file import.php



Membuat Import Data Excel PHP - Mysqli dengan Logika Kondisi Tertentu
Tampilan data setelah di import


Untuk proses upload data sobat semua tinggal browse file template excel yang sobat download diawal tadi.

Mau bikin website atau sistem berbasis web ? order saja ke jasa pembuatan website murah.

Jika sobat semua ingin file lengkapnya sobat bisa minta file langsung ke admin dengan syarat sudah subscribe channel youtube dibawah ini, dan tinggalkan pesan positif dikolom komentar dengan meninggalkan email yang sudah subcribe channel yang disediakan.

File akan dikirim langsung setelah komentar masuk dan status email sudah subsribe.

nb : komentar akan di shortir terlebih dahulu jadi tidak langsung tampil di kolom komentar ya sobat.

Terimakasih semoga bermanfaat

SUBSCRIBE DISINI

Related Posts

9 comments

  1. database sql klik disini

    template excel klik disini

    excel reader klik disini


    kok ini gak bsa di donlod ya?

    ReplyDelete
  2. udah subsc , pas dicoba ada file yang tdk ada di penjelasan
    boleh dibagi gan ?

    aku ada error ini :

    Warning: require_once(excel_reader2.php): failed to open stream: No such file or directory in ......

    ReplyDelete
  3. Gan Sudah ane Subcribe..
    jika berkenan source codenya bisa dishare ke la.yuslan.ode@gmail.com

    ReplyDelete
  4. file seperti excel reader dkk nya kok ga bisa di klik ya?

    ReplyDelete
  5. mau tanya om, kalau untuk excel yg terdiri dr beberapa tabs, cara baca tabs ke 2 gimana ya?

    ReplyDelete
  6. Gan sdh saya subscribe gan.. saya cb blm berhasil2 gan.. jk berkenan tolong kirim filenya ya gan ke aidyjun5@gmail.com

    ReplyDelete
  7. setelah klik import ada notasi : Parse error: syntax error, unexpected token "new" in C:\xampp\htdocs\import_excel\excel_reader2.php on line 916 apa yang harus saya perbaiki ya mas email : suyudinai@gmail.com trim's

    ReplyDelete

Post a Comment