3 Tips Ini Bisa Kamu Coba Buat yang Sedang Mencari Tempat Magang

3 Tips Ini Bisa Kamu Coba Buat yang Sedang Mencari Tempat Magang



Magang? Siapa takut. Ya, mahasiswa semester akhir pasti bakal ngerasain yang namanya magang. Bicara soal magang, enggak hanya tentang dapat nilai bagus nih buat suatu makul. Akan tetapi bisa juga buat jembatan kerja setelah lulus kuliah nanti.

Mahasiswa akhir seringkali bingung nentuin tempat magang. Hal itu karena terlalu banyak pilihan, kurangnya informasi, ataupun perkara biaya.

Nah buat mahasiswa semester akhir, berikut ada tips buat nentuin tempat magang yang tepat.

1. Tentukan Tempat Tujuan Magang

Tentukan tempat tujuan magang yang sesuai jurusan dan buat ke depan setelah lulus kuliah.  Tidak hanya magang untuk dapat nilai, namun juga buat prospek setelah lulus kuliah. Buat nentuin tempat magang, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi magang, jam kerja magang, posisi yang dibutuhkan di tempat magang.
Lokasi magang yang sesuai dengan kemauan dan tentunya disesuaikan dengan budget. Budget seringkali jadi kendala dalam menentukan tempat magang, hal ini berhubungan dengan biaya operasional selama magang. Terkadang minimnya uang jajan mahasiswa menjadi salah satu kendala ketika mau magang di daerah yang biaya hidupnya lumayan tinggi. Jadi sebelum nentuin tempat tujuan magang, mending cari-cari informasi dulu biaya hidup di tampat magang.
 Jam kerja magang tentunya juga menjadi salah satu hal penting, karena bisa dijadikan patokan buat melakukan kegiatan lain selain magang.

Nah, untuk posisi yang dibutuhkan di tempat magang, harus dicari infonya bener-bener ya. Jangan sampai asal-asalan magang di lokasi yang diinginkan namun posisinya tidak sesuai dengan jurusan. Seringkali di tempat magang terjadi hal semacam ini, posisi yang kosong untuk magang adalah posisi x namun yang dikerjakan adalah y. Memang benar, tidak 100% tugas ketika magang tidak sesuai. Akan tetapi jika terlalu melenceng juga tidak bagus buat ke depannya. Yang ada orientasinya magang asal-asalan hanya untuk mendapatkan nilai, bukan mencari pengalaman.
Jadi, sangat penting ya menentukan tujuan tempat magang dari jauh-jauh hari

2. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Cari informasi sebanyak mungkin, baik itu dari internet, dosen pembimbing ataupun kakak kelas. Tentu informasi mengenai tempat magang, apa yang dikerjakan di sana, bagaimana sistem kerja di sana itu sangat penting sebagai pertimbangan buat tempat magang.

Terlebih informasi langsung dari kakak tingkat yang pernah magang di suatu tempat dan dia sudah diangkat jadi pegawai di sana. Informasi ini diperlukan secara detail. Tujuannya ketika lulus kuliah bisa langsung masuk kerja di sana. Setidaknya sudah ada bekal dan pengalaman di tempat magang tersebut. Tentunya harus sungguh-sungguh ya ketika magang.

3. Lihat potensi Network 

Magang adalah waktu yang pas buat membangun jaringan yang lebih luas. Mengenal orang-orang baru dan orang-orang penting dalam perusahaan. Tentunya buat ajang unjuk gigi alias promosi buat prospek kerja setelah lulus kuliah. Nah, sebelum fix menentukan tempat magang, lebih baik cari-cari info dulu ya kira-kira jaringan di tempat magang yang dituju itu seperti apa dan prospeknya bagaimana.

So, selamat mencoba 3 tips buat nentuin tempat magang buat mahasiswa akhir. Semoga berhasil.