Jurnal: Studi Kasus Penggunaan Algoritma RSA Sebagai Algoritma Kriptografi yang Aman

Jurnal: Studi Kasus Penggunaan Algoritma RSA Sebagai Algoritma Kriptografi yang Aman

Jurnal: Studi Kasus Penggunaan Algoritma RSA Sebagai Algoritma Kriptografi yang Aman

Abstrak 

RSA mendasarkan proses enkripsi dan dekripsinya pada konsep bilangan prima dan aritmetika modulo. Baik kunci enkripsi maupun dekripsi keduanya merupakan bilangan bulat. Kunci enkripsi tidak dirahasiakan dan diberikan kepada umum (sehingga disebut dengan kunci publik), namun kunci untuk dekripsi bersifat rahasia (kunci privat). Kunci privat dibangkitkan dari beberapa buah bilangan prima bersama-sama dengan kunci enkripsi. Untuk menemukan kunci dekripsi, orang harus memfaktorkan suatu bilangan non prima menjadi faktor primanya. Kenyataannya, memfaktorkan bilangan non prima menjadi faktor primanya bukanlah pekerjaan yang mudah. Belum ada algoritma yang mangkus (efisien) yang ditemukan untuk pemfaktoran itu. Semakin besar bilangan non primanya, tentu semakin sulit pula pemfaktorannya. Semakin sulit pemfaktorannya, semakin kuat pula algoritma RSA. Sistem RSA sekarang digunakan oleh berbagai macam jenis produk, platform, dan industri di seluruh bagian dunia. Algoritma RSA digunakan dalam banyak perangkat lunak yang dijual secara komersial dan direncanakan akan digunakan pada banyak perangkat lunak lainnya. Algoritma RSA terpasang dalam sistem operasi pada hari ini oleh Microsoft, Apple, Sun, dan Novell. Tentang perangkat keras, algoritma RSA juga dapat ditemukan pemanfaatannya dalam telefon yang aman, dalam kartu-kartu jaringan Ethernet, dan dalam kartu-kartu cerdas (smart cards). Sebagai tambahan, algoritma RSA tergabung ke dalam semua protokol-protokol utama untuk komunikasi internet yang kokoh, termasuk S/MIME, SSL, dan S/WAN. Algoritma RSA juga dimanfaatkan secara internal oleh banyak lembaga, termasuk cabang-cabang dari Pemerintah Amerika Serikat (AS), badanbadan hukum utama, perpustakaan-perpustakaan nasional dan universitas-universitas. 

Kata kunci: Algoritma RSA, Kriptografi, Enkripsi, Deskripsi, Kunci Privat, Kunci Publik, Perangkat Lunak, Keamanan, Jaringan dan Internet 

Pendahuluan 

Kriptografi secara cepat telah menjadi sebuah bagian yang sangat krusial dalam dunia ekonomi. Sebelum tahun 1980-an, kriptografi digunakan utamanya untuk bidang militer dan komunikasi diplomatik, dan hampir dalam kontekskonteks yang dibatasi. Dalam dunia belakangan ini, komunikasi berkembang dengan sangat cepatdengan adanya teknologi internet, akibatnya seorang hacker dengan siap sedia bisa mengintip transmisi data komputer untuk informasi yang berharga. Sekarang kita harus bisa melindungi cara akses kita ke komputer (melalui sandi lewat (password) dan akses jarak jauh yang terenkripsi), transaksi komersial kita (nomor-nomor kartu kredit dan data bank), data medis kita (yang sebentar lagi akan disimpan dalam sebuah kartu cerdas (smart card)), dan informasiinformasi lainnya.


Peneliti:Zainal Arifin 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
Jurnal: Studi Kasus Penggunaan Algoritma RSA Sebagai Algoritma Kriptografi yang Aman