Jurnal: Sistem Business Intelligence Untuk Mendukung Perguruan Tinggi yang Kompetitif

Jurnal: Sistem Business Intelligence Untuk Mendukung Perguruan Tinggi yang Kompetitif

Jurnal: Sistem Business Intelligence Untuk Mendukung Perguruan Tinggi yang Kompetitif

Abstrak 

Pengembangan perguruan tinggi saat ini tidak lagi bergantung pada megahnya kampus atau peralatan laboratorium, melainkan bergantung pada kecerdasan dalam pengelolaan modal intelektual berdasarkan sumberdaya yang dimiliki. Peranan modal intelektual menjadi sangat penting dan strategis dalam pengelolaan program bisnis akademik untuk mencapai keunggulan kompetitif. Sistem business intelligence sebagai elemen penting dalam perguruan tinggi difungsikan untuk membantu manajerial mengelola modal intelektual dalam proses pengambilan keputusan dalam rangka meningkatkan kinerja perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem business intelligence untuk mendukung pengelolaan program bisnis akademik kearah yang lebih kompetitif melalui sistem perencanaan, pengukuran dan meningkatkan kinerja berbasis modal intelektual. Modal intelektual perguruan tinggi dideskripsikan berdasarkan sumberdaya perguruan tinggi yang dimiliki, agar dalam pengelolaan modal intelektual menjadi lebih optimal. Penggunaan sistem business intelligence berbasis pada teknologi informasi bertujuan untuk mendesain mengukur, mengelola dan mengembangkan modal intelektual, antara lain berupa pengetahuan, skill dan keahlian sumberdaya manusia perguruan tinggi. Penggunaan indikator kinerja kunci perguruan tinggi dianalisis untuk memenuhi standar mutu perguruan tinggi yang kompetitif. 

Kata kunci: Sistem business intelligence; Modal intelektual; Modal sumberdaya; Modal struktural; Indikator kinerja kunci 

Pendahuluan 

Business Intelligence (BI) merupakan elemen penting dalam pengelolaan modal intelektual dan proses pengambilan keputusan untuk membantu para pimpinan dan manajer untuk meningkatkan kinerja perguruan tinggi (PT). Saat ini, pengembangan sains dan teknologi pada PT berbasis pembangunan ekonomi kontemporer sudah seharusnya lebih fokus berbasis pada modal intelektual berdasarkan sumberdaya yang dimiliki. Modal intelektual di PT menjadi penting dan strategis untuk mencapai keunggulan kompetitif sesuai dengan visi, misi dan tujuan PT karena berhubungan langsung dengan daya saing. Peran utama PT saat ini adalah untuk menciptakan pengetahuan baru yang dapat melahirkan inovasi dari tenaga akademik dan mahasiswa, baik inovasi dalam proses pembelajaran, penemuan sain maupun teknologi. Inovasi didasarkan pada informasi dari proses pengetahuan pada berbagai jenis bidang ilmu.

Peneliti: Mustafid 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
Jurnal: Sistem Business Intelligence Untuk Mendukung Perguruan Tinggi yang Kompetitif