JURNAL: IMPLEMENTASI ALGORITMA KOMPRESI LZW PADA DATABASE SERVER

JURNAL: IMPLEMENTASI ALGORITMA KOMPRESI LZW PADA DATABASE SERVER

JURNAL: IMPLEMENTASI ALGORITMA KOMPRESI LZW PADA DATABASE SERVER

Abstrak 

Paper ini membahas tentang implementasi algoritma kompresi LZW untuk mengkompresi data yang tersimpan dalam web server. Hal ini dilakukan untuk memperkecil ukuran data yang akan disimpan di web server. Algoritma LZW yang dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sistem manajemen basis data MySQL. Proses kompresi dilakukan pada saat data (artikel) yang disimpan pada web server dan didekompresi setiap artikel tersebut akan dibaca.
Algoritma LZW yang merupakan dictionary based compression sangat efektif mengkompresi data teks yang memiliki banyak pola huruf, kata ataupun kalimat yang berulang, semakin banyak pembendaharaan gabungan string dalam dictionary tambahan pada suatu plaintext maka semakin baik hasil kompresi plaintext tersebut. Hasil implementasi algoritma LZW pada web server penyimpanan artikel menjadi bertambah banyak, terlihat dari nilai persentase penghematan penyimpanan setiap artikel berkisar antara 11,6656% sampai dengan 16,6656% untuk perhitungan nilai rata-rata persentase penghematan 200 sampai dengan 1.000 karakter pertama dari sepuluh buah artikel acak.

Kata Kunci: informasi, internet, kompresi, LZW, dictionary


Pendahuluan 

Banyaknya informasi yang disimpan dalam database server membutuhkan ukuran media penyimpanan yang besar. Keterbatasan kapasitas media penyimpanan data menyebabkan tidak semua jumlah informasi dapat disimpan pada media penyimpanan data tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut diantaranya: menghapus beberapa data yang dianggap tidak penting, menambahkan ukuran media penyimpanan data, atau mengkompresi setiap informasi yang disimpan.

Peneliti: Hidayati 

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: IMPLEMENTASI ALGORITMA KOMPRESI LZW PADA DATABASE SERVER