JURNAL:  SISTEM INFORMASI PENJUALAN LIMUNY LOUNGE

JURNAL: SISTEM INFORMASI PENJUALAN LIMUNY LOUNGE

JURNAL:  SISTEM INFORMASI PENJUALAN LIMUNY LOUNGE

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merencanakan Sistem Informasi Penjualan LIMUNY Lounge ditinjau dari pengelolaan data barang, inventaris, dan proses transaksi; (2) mengimplementasikan Sistem Informasi Penjualan LIMUNY Lounge; (3) menguji tingkat kelayakan Sistem Informasi Penjualan LIMUNY Lounge.
Sistem Informasi Penjualan LIMUNY Lounge telah dikembangkan dengan menggunakan VB 6.0 dan MySQL dengan tahapan pengembangan sistem yang digunakan adalah analisis kebutuhan perangkat lunak, perancangan desain, gengerasi kode dan pengujian terhadap sistem. Interface setiap form dibedakan menjadi form untuk administrator dan form untuk operator. Pengujian sistem informasi penjualan LIMUNY Lounge ini dilakukan dengan tahapan alpha yang melibatkan 2 ahli software dan seluruh karyawan LIMUNY Lounge (2 orang administrator dan 13 orang operator). Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan metode observasi non-sistematis dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan dari Sistem Informasi Penjualan LIMUNY Lounge menurut 2 ahli software dilihat dari kriteria correctness (dengan presentase 86,5 % dan 90 %), reliability (dengan presentase 88 % dan 90 %) dan usability (dengan presentase 83 % dan 100 %) masuk dalam kategori sangat layak, sedangkan penilaian untuk kriteria integrity dengan presentase 80 % masuk dalam kategori layak dan 100 % masuk dalam kategori sangat layak. Penilaian pengguna terhadap tingkat kelayakan sistem dilihat dari kriteria correctness 86,6 % menyatakan layak dengan nilai persentase tertinggi mencapai 85% dan persentase terendah sebesar 54,5%, dari kriteria reliability 80 % menjawab layak dengan nilai persentase tertinggi mencapai 89 % dan persentase terendah sebesar 60 %, dari kriteria integrity 40 % menjawab layak dengan nilai persentase tertinggi mencapai 100 % dan persentase terendah sebesar 20 %, dan dari kriteria usability 66,7 % menjawab layak dengan nilai persentase tertinggi mencapai 100 % dan persentase terendah sebesar 43 %.

Kata kunci: Sistem Informasi Penjualan LIMUNY Lounge, pengembangan, kelayakan

Pendahuluan

LIMUNY Lounge adalah salah satu jenis usaha yang didalamnya terdapat penjualan makanan dan minuman, dan merupakan satu bentuk kreativitas dari karyawan LIMUNY. Namun peninjauan terhadap pengawasan manajemen stok barang yang masih ada, baru datang, atau bahkan telah habis belum terkomputerisasi. Terkadang data barang yang masuk dan barang yang keluar tidak terkoordinir dengan baik. Sama halnya dengan pendataan inventaris barang.

Peneliti: Nastiti

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL:  SISTEM INFORMASI PENJUALAN LIMUNY LOUNGE