JURNAL: PEMBELAJARAN BUDIDAYA TANAMAN ANGGREK BERBASIS MULTIMEDIA

JURNAL: PEMBELAJARAN BUDIDAYA TANAMAN ANGGREK BERBASIS MULTIMEDIA

JURNAL: PEMBELAJARAN BUDIDAYA TANAMAN ANGGREK BERBASIS MULTIMEDIA


Abstrak 

Perkembangan teknologi komputer mengilhami untuk dibuatnya aplikasi komputer pembelajaran budidaya tanaman anggrek, pembudidayaan tanaman yang dimulai dari pembibitan, pengolahan media tanam, pemindahan bibit, pemupukan dan penyiraman serta hama dan penyakit tanaman. Permasalahannya adalah bagaimana menganalisa dan merancang visualisasi budidaya tanaman anggrek berbasis multimedia dengan menggunakan multimedia builder 4.9.8 sesuai dengan perkembangan teknologi. Tujuan dalam pembuatan tugas akhir ini adalah untuk membangun atau merancang visualisasi pembelajaran budidaya anggrek berbasis multimedia. Perangkat keras yang digunakan dalam pembuatan tugas akhir ini adalah komputer dan handycam dan perangkat lunak yang digunakan adalah Multimedia Builder 4.9.8. Dengan pembelajaran ini user dapat memilih modul visualisasi yang tersedia di dalam program ini. Penelitian ini menghasilkan pembelajaran budidaya tanaman anggrek berbasis multimedia. Dalam pembelajaran ini sebaiknya ditambahkan lagi materi yang akan dijabarkan dan divisualisasikan agar menjadi lebih meluas. 

Kata Kunci: Pembelajaran, Budidaya Tanaman Anggrek, Multimedia 

Pendahuluan 

Kemajuan teknologi informasi dan teknologi komputer sangat berperan penting dalam memberikan kemudahan untuk mendapatkan suatu informasi. Di era globalisasi ini, ilmu dan teknologi mengalami perkembangan yang semakin meningkat. Perkembangan pesat dunia komputer telah membawa perubahan besar dalam dunia visualisasi, termasuk di dalamnya rekayasa ( engineering ), penelitian ( research ), pendidikan ( education ), dan hiburan ( entertainment ). 

Peneliti: Isworo Nugroho

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: PEMBELAJARAN BUDIDAYA TANAMAN ANGGREK BERBASIS MULTIMEDIA