JURNAL: MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TERHADAP PELAJARAN KKPI

JURNAL: MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TERHADAP PELAJARAN KKPI

JURNAL: MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TERHADAP PELAJARAN KKPI


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor intrinsik dan ekstrinsik terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 7 Yogyakarta pada pelajaran KKPI. Faktor intrinsik terdiri dari beberapa indikator yaitu kesehatan, perhatian, minat dan bakat. Sedangkan faktor ekstrinsik terdiri dari indikator metode mengajar, alat pelajaran, waktu dan kondisi lingkungan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan obsevasi dan angket. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 7 Yogyakarta yang berjumlah 285 siswa. Jumlah sampel yang digunakan adalah 46 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling, yaitu mengambil 15% dari jumlah siswa kelas XI SMK Negeri 7 Yogyakarta. Uji validitas menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan jumlah butir soal semula 40 dan gugur 5 butir sehingga butir soal yang valid 35 butir. Realibilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach, diperoleh sebesar 0,968 yang berarti reliabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 7 Yogyakarta Terhadap Pelajaran KKPI dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 86,96% sejumlah 40 siswa. Faktor instrinsik pada motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 7 Yogyakarta mampu mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pelajaran KKPI dan dalam kategori tinggi sebesar 78,26% sejumlah 36 siswa, sedangkan faktor ekstrinsik juga mampu mempengaruhi motivasinya dalam mengikuti pelajaran KKPI dalam kategori tinggi pula sebesar 76,09% sejumlah 35 siswa. Tingginya pengaruh faktor intrinsik terhadap motivasi belajar siswa disebabkan siswa telah memiliki derajat kesehatan dalam kategori sangat tinggi sebesar 69,56% sejumlah 32 siswa, selain itu mereka juga telah memiliki perhatian dalam kategori tinggi pada pelajaran KKPI sebesar 78,26% sejumlah 36 siswa, memiliki minat dalam kategori sangat tinggi dalam mengikuti pelajaran KKPI sebesar 69,56% sejumlah 32 siswa, serta memiliki bakat dalam kategori yang tinggi pula sebesar 73,9% sejumlah 34 siswa. Sedangkan tingginya pengaruh faktor ekstrinsik disebabkan karena metode mengajar guru memiliki variasi yang tinggi sebesar 69,6% sejumlah 32 siswa, alat pelajaran yang ada memiliki tingkat kelengkapan yang tinggi sebesar 60,87% sejumlah 28 siswa, waktu pelajaran memiliki kesesuaian dengan kondisi siswa yang tinggi sebesar 45,7% sejumlah 21 siswa, serta kondisi lingkungan memiliki dukungan yang tinggi sebesar 54,35% sejumlah 25 siswa.

Kata kunci : motivasi, belajar, KKPI, dan SMK Negeri 7 Yogyakarta

Pendahuluan 

Motivasi yang kuat dalam diri siswa akan meningkatakan minat, kemauan dan semangat belajar yang tinggi, karena antara motivasi dan semangat belajar mempunyai hubungan yang erat. Sebagaimana yang dikatakan oleh Sardiman A.M (1990:103), bahwa dalam kegitan belajar, maka motivasi menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu tercapai.

Peneliti: Siti Mutasimah

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TERHADAP PELAJARAN KKPI